COVID-19 Hingga TBC, Ini 4 Harga Vaksin Penyakit Menular di Indonesia

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Pixabay/PhotoLizM

VIVA – Vaksin COVID-19 tengah menjadi buah bibir lantaran penyakit tersebut sudah memicu pandemi di banyak negara teemasuk Indonesia. Vaksin sendiri merupakan salah satu cara pencegahan paling ampuh yang sudah terbukti sejak dulu.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Para ilmuwan menemukan vaksin dengan melewati serangkaian uji coba dari hewan hingga manusia. Proses uji klinis yang tak mudah dan terbilang sangat membutuhkan waktu lama itu membuat harga vaksin cukup menguras kantong.

Tapi, tentu dengan prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati, Anda sebaiknya memastikan si kecil mendapatkan hak imunisasi sejak dini. Dibanding mengobati, biaya yang digelontorkan akan sangat mahal dan puluhan kali lipat dari biaya imunisasi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Berikut daftar vaksin penyakit menular mulai dari COVID-19 hingga TBC dikutip dari berbagai sumber termasuk dikutip dari www.klinikraisha.com dan harga.web.id.

COVID-19

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Masih hangat diperbincangkan, vaksin untuk virus corona ini memasuki uji klinis tahap 3 oleh Bio Farma yang bekerjasama dengan Cina. Tahun 2021 mendatang, vaksin ini rencananya siap diproduksi dengan kisaran Rp75 ribu hingga Rp140 ribu.

Baca Juga: Banyak Artis Pindah Jadi Youtuber, Begini Cara Hitung Penghasilannya

Influenza

Kerap diremehkan, penyakit influenza nyatanya memicu dampak kurang baik pada tubuh dan begitu menyiksa. Sebut saja, sakit kepala hingga demam dam hidung tersumbat dapat membuat aktivitas menurun. Pemberian vaksin ini efektif hingga 90 persen melindungi diri dari virus influenza dengan kisaran harga Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Campak

Vaksin MMR merupakan antivirus untuk penyakit campak (measles) dan campak jerman (rubella) serta gondongan (mumps). Penularan virus melalui droplets ini sangat mudah menginfeksi anak sehingga sangat penting untuk mencegah dengan vaksin. Kisaran harga vaksin tersebut antara Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

TBC

Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengingatkan bahwa Indonesia merupakan peringkat ketiga penderita TBC tertinggi di dunia. Bahkan, sebanyak 93 ribu pasien TBC di Indonesia meninggal dunia di tengah wabah COVID-19. Untuk itu, vaksin BCG dapat dengan efektif menghalau serangan virus tuberkulosis yang sangat mudah menular dengan kisaran harga Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya