Gowes Dadakan Bikin Imunitas Menurun? Ini Kata Dokter

Bersepeda membuat kualitas udara lebih bersih
Sumber :
  • vstory

VIVA – Gowes alias bersepeda tengah menjadi incaran banyak orang lantaran sedang hits dilakukan oleh berbagai kalangan, tua maupun muda. Namun, tak sedikit yang sebenarnya belum rutin berolahraga dan bisa membahayakan kesehatan.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Olahraga selalu dianggap baik bagi tubuh lantaran gerakan aktifnya mampu menyehatkan otot dan sendi. Namun, olahraga secara berlebihan malah dapat memicu efek berbahaya seperti radikal bebas yang menurunkan daya tahan tubuh.

"Olahraga berlebih malah memicu radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas itu bakal merusak sistem imunitas," ujar dokter spesialis gizi, dr. Samuel Oetoro, SpGK, dalam program Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

Gowes Jakarta-Malang Dimulai, Mau Menginspirasi Lansia agar Tetap Aktif

Tak hanya itu, tren berolahraga seperti bersepeda yang mendadak hits dan ingin dilakukan banyak orang bisa memicu bahaya jika tak rutin melakukannya. Hal itu juga dapat memicu tubuh memproduksi radikal bebas yang malah merusak sistem imunitas.

Baca juga: Heboh Roger Danuarta Gendong Bayi, hingga Ahmad Dhani Pidato di AS

Rayakan 50 Tahun Indomie, Ratusan Peserta Gowes Ramaikan GOCAPAN Indomie

"Apalagi malah dadakan olahraganya. Biasanya tidak rutin lalu digenjot sampai berlebihan dalam satu hari," ujar Dokter Sam.

Sumber radikal bebas juga bisa dipicu oleh konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak terlampau banyak. Merokok turut berperan besar dalam produksi bahan berbahaya itu di tubuh. Bahkan, mengonsumsi vitamin atau obat secara porsi besar dan rutin pun ikut memengaruhi radikal bebas di tubuh.

"Selama makan dari bahan makanan alam seperti buah dan sayur, tidak akan berlebihan dan bentuk free radikal bebas baru setiap hari. Beda kalau dari vitamin atau suplemen antioksidan berlebih, malah bisa memicu radikal bebas untuk tubuh," tegasnya. (day)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya