Peran Penting Tes PCR dalam Memutus Penyebaran Virus Corona

Petugas memeriksa sejumlah orang untuk mendeteksi penyebaran virus corona
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Direktur Utama GSI Lab, dr. Nino Susanto mengungkapkan bahwa akses untuk tes PCR sangat penting. Mengingat, kata dia, tes PCR dapat mendeteksi keberadaan virus corona dan memutus mata rantai penularan di masyarakat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Dalam mendeteksi infeksi salah satu kunci terpenting untuk putus mata rantai ini dengan testing untuk mengetahui seseorang kena infeksi aktif atau tidak. Karena kita berhadapan dengan virus, salah satu metode untuk menegakkan diagnosis COVID- 19 adalah dengan PCR. Di mana dalam PCR  kita memeriksa materi genetik yang terdapat virus untuk mendeteksi keberadaan virus," kata dia dalam virtual conference peresmian GSI Lab, Rabu 12 Agustus 2020.

Baca juga: Berkumur dengan Mouth Wash Turunkan Risiko Penyebaran COVID-19

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Setelah testing, lanjut Nino, kemudian dilakukan treat atau isolasi dan tracing. Jika tidak ada testing, maka isolasi tidak isa dilakukan begitu pun dengan contact tracing.

Pentingnya tes PCR juga diungkapkan oleh CEO Benih Baik Andy F. Noya. Dia mengatakan, tes PCR penting untuk mendeteksi virus COVID-19 secara akurat. Sehingga, nantinya akan berdampak pada penanganan COVID-19 di Tanah Air.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Angka yang kita dapatkan lebih akurat maka penanganan lebih efektif. Kalau tidak bagai pemadam kebakaran enggak tahu di mana sumber api, main semprot, kita enggak tahu peta keseluruhan karena data yang enggak akurat," kata Andy.

Di sisi lain, Nino menambahkan, PCR sejak awal munculnya COVID-19 hingga saat ini masih menjadi gold standard untuk mendeteksi virus corona. Karena, PCR menunjukkan hasil yang pasti dalam menentukan apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak. Sedangkan rapid test hanyalah pemeriksaan penyaring guna mendeteksi keberadaan antibodi Igm dan IgG yang dihasilkan tubuh ketika terpapar virus corona.

"Tes PCR ini keakuratannya 98 persen untuk mendeteksi virus corona," tambah Nino.

Baca juga: GSI Lab Lakukan Uji Sampel Spesimen COVID-19 Hingga 5.000 Per Hari

Tes PCR bisa dilakukan secara individu maupun kolektif. Bagi yang ingin melakukan test, GSI Lab meyediakan layanan drive thru di kawasan Jakarta Selatan. Selain itu, ada juga fasilitas tes bagi pengguna kendaraan roda dua dan pejalan kaki. Serta, dapat dilakukan di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama atau on site dalam jumlah tertentu.

GSI Lab juga melakukan inisiatif program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes PCR. Program ini mengajak perusahaan dan individu untuk berkontribusi dalam solidarity fund yang akan dialokasikan untuk melakukan pengetesan PCR gratis tambahan. Donasi ini akan disalurkan kepada pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan  COVID-19 untuk memastikan pengetesan PCR gratis terdistribusi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya