#TanyaDokter: Hamil di Atas Usia 38 Tahun Masih Amankah?

dr Thomas Chayadi, Sp.OG
Sumber :
  • Dokumentasi Rumah Sakit pondok Indah

VIVA – Memiliki anak adalah anugerah terindah untuk setiap pasangan menikah. Namun terkadang, bukan hal yang mudah untuk memiliki buah hati. Sudah bertahun-tahun menikah, terkadang kehamilan tak kunjung terjadi. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Lalu, bagaimana jika kehamilan justru terjadi saat usia di atas 35 tahun? Pembaca VIVA ternyata ada yang menanyakan tentang hal ini. Lewat kolom #TanyaDokter, berikut pembahasannya bersama dr. Thomas Chayadi, Sp.OG – dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah

Tanya: Apakah di umur 38 tahun masih boleh hamil?

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Jawab: Apakah aman untuk hamil pada usia 38 tahun atau di atas 35 tahun atau secara umum di atas 40 tahun ke atas? Pada dasarnya, kalau Anda bisa hamil itu tidak masalah. Yang penting Anda tahu, kehamilan yang terjadi saat bertambahnya usia itu adalah kehamilan risiko tinggi. Apa aja sih risikonya? Pertama, risiko kecacatan. Jadi semakin tinggi usia, memang semakin tinggi risiko untuk terjadi cacat pada bayi. Ini karena memang kualitas dari sel telurnya, memang sudah tidak baik dibandingkan ketika hamil di usia muda atau di bawah 35 tahun. 

Baca Juga: #TanyaDokter: Keluar Cairan dari Kuping Saat Flu Normalkah?

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Jadi cara menyikapinya, lakukan skrining rutin, salah satunya, bisa lewat USG. Skrining penting dilakukan untuk melihat adakah kelainan struktural. Untuk melihat adakah kelainan struktur pada janin hingga kelainan kromosom. Dengan usia ibu hamil yang semakin tua, kondisi fisik ibu juga semakin lemah, tentu akan ada perbedaan, baik dari kekuatan saat menjalani kehamilan atau saat menjalani persalinan. 

Tapi memang tidak ada masalah siy kalau memang harus hamil di usia di atas 35 tahun. Yang penting ibu harus rutin kontrol, untuk mengetahui janin ibu apakah ada kelainan atau tidak. Vitamin yang diberikan oleh dokter juga harus diminum secara teratur. Jadi jangan takut hamil ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya