5 Aturan Aman Kumpul Bareng Teman di Tengah Pandemi

Ilustrasi saudara perempuan/pertemanan.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Pandemi COVID-19 berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Orang-orang harus melakukan segala sesuatunya dari rumah, termasuk dengan bergaul. Ya, untuk mengurangi penyebaran virus, bergaul secara virtual menjadi salah satu alternatif melepas rindu dan kangen dengan teman sepermainan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Namun, setelah new normal mulai diberlakukan, tidak sedikit yang sudah saling bertemu teman. Entah sekadar main di rumah atau nongkrong di kafe atau restoran. Bagi kamu yang memang ingin bertemu teman di tengah pandemi, ada baiknya mengikuti 5 saran aman berikut inu seperti dilansir dari laman Times of India.

Tanyakan pada diri Anda, “Apakah ini benar-benar perlu?”

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tidak peduli seberapa besar keinginan Anda untuk bertemu teman-teman, Anda perlu tetap mempertimbangkan manfaat dan risiko yang terkait dengan interaksi ini. Ingat, ketika Anda memutuskan untuk bertemu dengan seseorang, Anda selalu menempatkan diri pada risiko tertular penyakit. Oleh karena itu, sebelum Anda keluar dari rumah, sangat disarankan untuk mengukur efek baik dan buruknya dari pertemuan tersebut. Ini sangat penting jika Anda atau seseorang di rumah termasuk dalam kategori berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19.

Baca juga: Tren Tanaman Hias Monstera, Harganya Puluhan Juta Bisa Jadi Investasi

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Jangan melepas masker wajah

Menggunakan masker begitu penting saat pandemi seperti saat ini terutama jika Anda bertemu dengan orang-orang yang tidak tinggal serumah. Tidak hanya menjaga jarak setidaknya satu meter, menggunakan masker sama pentingnya, jika Anda tidak dapat menjaga jarak tersebut.

Meski Anda mungkin tergoda untuk melepas masker di sekitar teman Anda, tetapi ingatlah sekalipun saat ini tidak ada teman Anda yang mengalami gejala apa pun, bukan berarti tidak ada risiko tertular penyakit tersebut.

Bertemu di luar ruangan, jika memungkinkan

Jadi, jika Anda berencana untuk bertemu teman-teman Anda, pilihlah tempat di luar ruangan karena angin dapat membantu partikel virus menyebar lebih cepat.  Karena berada di luar ruangan menurunkan risiko tertular infeksi, pastikan memilih tempat yang berventilasi baik untuk bertemu teman.

Jangan berbagi makanan, minuman, dan gunakan peralatan pribadi

Risiko penularan terletak pada saat menyentuh piring atau minuman teman Anda dan kemudian menyentuh wajah Anda sesudahnya. Mungkin tidak ada risiko besar dalam berbagi makanan ringan, tetapi sangat penting untuk menjaga tangan kita sebersih mungkin. Jadi, hindari berbagi makanan dan minuman Anda.

Baca juga: 6 Cara Sederhana Menurunkan Lemak Perut, Berdasarkan Penelitian

Tidak ada lagi pelukan atau jabat tangan

Jika Anda bertemu teman dan anggota keluarga, yang terbaik adalah melakukan salam siku atau salam kaki jika memungkinkan. Selalu bawa pembersih tangan dan hindari menyentuh area dengan sentuhan tinggi sebanyak mungkin. Meskipun tidak ada cara yang sangat mudah untuk sepenuhnya menghindari infeksi, namun mengambil tindakan ini akan membantu Anda meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya