Cara Jusuf Kalla Investasi Kesehatan untuk Cucu

Jusuf Kalla bersama tiga cucunya
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA – Penyimpanan tali pusat nampaknya menjadi pilihan untuk manfaat kesehatan di masa depan. Hal tersebut juga menjadi pilihan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) yang memindahkan tali pusat milik sang cucu.

Banyak Kasus Tali Pusat Terinfeksi Kuman, Begini Cara Merawatnya dengan Benar Moms!

JK baru saja memindahkan tali pusat tersebut dari bank penyimpanan di luar negeri ke Celltech Stem Cell Laboratory (CSC) yang berada di Vinski Tower, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Indonesia. Hal itu dilakukan karena CSC merupakan laboratorium riset, pengolahan dan penyimpanan sel punca yang berada di Indonesia yang telah memiliki izin operasional dari Kemenkes.

Laboratorium itu juga satu-satunya yang terakreditasi WOCPM. Ke depan, tali pusat akan dipakai JK sebagai terapi sel punca yang berpotensi menyembuhkan banyak penyakit di masa depan.

Rentan Infeksi, Begini Cara Tepat Rawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Tunda Potong Tali Pusat Bikin Bayi Lebih Sehat

"JK Melakukan terapi stem cellnya di CSC mengingat kualitas yang dimiliki CSC sangat baik terlebih CSC berada di Vinski Tower," kata Presiden WOCPM, Prof. dr. Deby Vinski, MSc, PhD, dalam keterangan tertulis, Kamis 24 September 2020.

Nikita Willy Pernah Takut Baby Issa Diintai Infeksi Gegara Tali Pusat, Kok Bisa?

Lebih lanjut, teknologi yang digunakan CSC ialah dengan metode Closed System berbasis digital sehingga sel yang dihasilkan kualitasnya lebih terjamin, akurat, dan mengurangi resiko kontaminasi dari hal yang tidak terduga. Metode Closed System juga mengurangi terjadinya Human Error terlebih lagi CSC menggunakan teknologi Quantum Autologues Stem Cell.

Ada pun teknologi Quantum Autologues Stem Cell adalah sebuah ekspansi sel. Sel akan diperbanyak dan dikalikan sehingga dengan teknologi Quantum. Sel yang dihasilkan menjadi sangat banyak dalam waktu yang singkat dan hal tersebut sangat berbeda dengan cara konvensional.

"Kemudian sel yang dihasilkan tersebut disimpan di Bank Sel yang dimiliki oleh CSC sehingga dapat digunakan untuk keperluan medis di masa depan bagi pasien," tuturnya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya