Dr Tirta: Ada 2 Hal Tak Terpisahkan untuk Cegah COVID-19

Dokter Tirta.
Sumber :
  • Instagram/dr.tirta

VIVA – Dokter relawan sekaligus influencer, Tirta Mandira Hudhi, melakukan bincang-bincang virtual bersama VIVA.co.id. Melalui live Instagram, pria yang akrab disapa dokter Tirta itu masih setia mensosialisasikn tentang  pencegahan virus corona atau COVID-19

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Termasuk soal penggunaan masker. Menurut dokter nyentrik itu, saat ini yang terpenting bukan bagaimana cara pakai masker yang tepat saja. Tapi, ada satu hal lain yang tak kalah penting. Apa itu?

Baca juga: Gak Cukup Masker, dr Tirta Sebut Hal Terpenting Cegah COVID-19

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Saran saya sih bukan gimana cara pakai masker yang tepat, tapi gimana kita mengedukasi masyarakat ini, selain masker juga makan. Ini dua hal yang gak bisa dipisahkan, masker dan makan," ujarnya lantang di Live Instagram VIVA.co.id. 

Lebih lanjut, Tirta bersuara, mengenai sosialisasi penggunaan masker, sudah bukan waktunya lagi kita mengedukasi. Yang terpenting menurut dia, jika ada yang tidak pakai masker, bukan disuruh untuk memakai, tapi diberi masker supaya dipakai. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Menurut saya sudah gak sinkron kalau kita memaksakan sesuatu, yang penting kalau ada yang gak pakai masker kita kasih. Kalau ada orang gak bisa makan, kita kasih. Sudah gak bisa kalau edukasi lagi," lanjut dia. 

Bahkan, Tirta berani bertaruh, jika hanya melakukan edukasi pada kalangan menengah ke bawah, hanya memintanya pakai masker tanpa memberinya, itu tidak akan efektif. 

"Saya berani bertaruh, kalau kita ke lapangan, kalangan orang arus bawah, kalau kita edukasi masker pulang-pulang bonyok. Kita bakal digebukin sama diketawain. Karena mereka bakal bilang 'gua butuh makan'. Makanya di sini kita, kalo edukasi ya berikan, jangan cuma edukasi aja, berikan. Karena mereka benar-benar gak tahu mau beli di mana, mau pake uang dari siapa," kata dia. 

Baca juga: Cegah COVID-19, Ahli Sebut Masker Lebih Ampuh Dibanding Face Shield

Dokter Tirta kembali menekankan, yang efektif dalam pencegahan virus corona ini bukan lagi bernarasi. 

"Saya sudah bilang berkali-kali, yang efektif itu bukan bernarasi saja. Tapi yang kita lakukan kalau mau edukasi ke orang yang gak pake, ya kita kasih masker," tegas dokter Tirta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya