Panduan Menggunakan Masker agar Efektif Mencegah Corona

Ilustrasi penggunaan masker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Sejumlah cara mudah dapat masyarakat lakukan dalam memutus penularan virus corona. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker saat tengah berada di luar rumah.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Masker mulut dan hidung begitu penting dalam pencegahan virus corona, lantaran perannya mencegah terjadinya penularan virus corona dari droplet atau percikan orang yang terpapar virus.

Namun, perlu diketahui penggunaan masker yang benar, sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatannya. Jangan sampai penggunaan masker malah membuat adanya kemungkinan kontaminasi penyebaran virus menjadi lebih tinggi. Lalu bagaimana penggunaan masker mulut yang efektif?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Vaksin COVID-19 dari Oxford Siap Akhir Tahun Ini?

Dilansir dari laman Asiaone, Dokter Penyakit Menular di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena Singapura, dr. Leong memperingatkan agar tidak menarik masker hingga ke dagu. Hal ini lantaran masker akan membawa kotoran atau kuman dari dagu kembali ke hidung atau mulut seseorang.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam demonstrasi mengenakan masker mulut dan hidung, Dr Leong sekali lagi menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah mengenakan topeng. Selain itu, masker juga harus menutupi area hidung dan dagu. Dia juga menyoroti bahwa beberapa orang hanya menutupi mulut mereka dengan masker, yang mengalahkan tujuannya.

"Letakkan di dalam tas yang bisa ditutup kembali (resealable bag) jika kamu akan memakainya lagi. Kamu bisa menambahkan beberapa desiccant gel di dalam tas agar tetap kering dan mengurangi kemungkinan kuman tumbuh di masker," kata dia. 

Lalu berapa lama durasi penggunaan masker mulut dan hidung yang efektif? Healthhub mengatakan masker hanya bisa dipakai selama maksimal delapan jam dan yang terbaik adalah menggantinya secara teratur agar tetap efektif. Dr Leong juga membagikan metode membuang masker hidung dan mulut yang telah dipakai.  

Cuci atau bersihkan tangan Anda lagi, lalu lepaskan masker dengan hati-hati tanpa menyentuh permukaan bagian dalam. Lipat ke dalam beberapa kali, ikat dengan tali elastis, sebelum membungkusnya dengan kertas tisu dan membuangnya.

Jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya