#TanyaDokter: Batuk 1,5 Bulan dan Bagian Bawah Payudara Terasa Sakit

dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Mengalami batuk yang tak kunjung sembuh biasanya siapapun akan merasa khawatir. Meski batuk adalah penyakit yang umum terjadi, tapi bagaimana jika batuknya terus menjadi-jadi hingga berbulan-bulan lamanya? 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Lewat #TanyaDokter, ada yang menanyakan mengenai hal ini. Yuk Simak lebih jauh jawaban dari dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah. 

Tanya: Dok, saya batuk sudah 1,5 bulan. Kemarin sudah cek darah hasilnya led per 2 jam 65. Untuk radiologi paru hasilnya normal semua. Masalahnya bawah payudara sebelah kanan pas tulang rusuknya sakit, apalagi pas batuk/ beraktivitas angkat benda agak berat. Kira-kira ini kenapa ya dok?

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Baca Juga: #TanyaDokter: Saat Perut Kembung Kok Jadi Sesak Nafas Ya?

Jawab: LED atau laju endap darah ini tidak terlalu spesifik, tapi dalam keadaan tertentu bisa meningkat misal saat anemia, hamil,menstruasi atau saat proses penuaan. 

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Bila penyebab batuk lama sudah disingkirkan karena infeksi tapi harus dicari penyebab lainnya, bisa karena alergi atau asma bronkhitis dan lainnya. Memang untuk cari penyebabnya perlu melakukan tes lanjutan. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak video penjelasan dr Dias berikut ini.

Jika tertarik ingin bertanya seputar masalah kesehatan, kamu bisa langsung buka IG VIVA.co.id. Isi kolom pertanyaan untuk mengungkap masalah kesehatan kamu. Lewat #TanyaDokter “Sampaikan keluhan mu, biar dokter yang menjawab”. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya