Ternyata Antiseptik Bisa Atasi Jerawat, Begini Caranya

jerawat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menggunakan masker saat berada di luar rumah menjadi hal yang wajib dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2, penyebab virus corona

Siemens Dorong Layanan Kesehatan Menuju Era Baru

Sayangnya, penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah jerawat. Hal ini disebabkan minimnya sirkulasi udara ke area wajah.

Alhasil bagi mereka yang memiliki kondisi wajah yang mudah berjerawat cukup terdampak. Untuk mengatasi masalah tersebut, pakar kesehatan Sonia Wibisono mengingatkan pentingnya membersihkan wajah secara teratur. 

Istana Bantah SYL Soal Presiden Perintahkan Tarik Uang Bawahan di Kementan

Baca juga: Kulit Berminyak dan Mudah Jerawat? Jangan Gunakan Cleansing Milk

"Cuci muka sering-sering menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jerawat itu terbentuk dari minyak yang bertemu kuman, dengan sering mencuci muka minyak angkat bakteri hilang," kata Sonia dalam VIVATalk, Jumat 16 Oktober 2020. 

Kasus TB Melonjak Estimasi Hingga 1 Juta Lebih, Kemenkes Ungkap Alasannya

Selain mencuci muka dengan rutin, Sonia juga menyebut masyarakat dapat mengompres jerawat menggunakan antiseptik. Sebab antiseptik dapat membunuh bakteri yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya jerawat. 

"Pada dasarnya jerawat itu minyak dan bakteri dikasih antiseptik gunanya untuk mengurangi atau membunuh bakteri," ujar dia.

Dijelaskan Sonia penggunaan antiseptik untuk jerawat bisa gunakan antiseptik jenis povidone iodine. Untuk penggunaannya, cuci bersih wajah setelah itu gunakan antiseptik tersebut dengan bantuan kain kasa steril.

"Caranya pakai kasa steril potong kecil-kecik kemudian tempel di jerawat lalu teteskan antiseptik diamkan selama 10 menit," kata Sonia. 

Setelah 10 menit kata Sonia bisa dilepas. Melakukan teknik kompres jerawat menggunakan antiseptik ini bisa dilakukan pada pagi atau malam hari.

"Lama-lama cepat menghilang bisa pagi dan malam samgat efektif. Tapi jangan pakai alkohol ya, tapi antiseptik," tutur dia.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya