COVID-19 Belum Reda, Jangan Pernah Remehkan Menjaga Jarak

Guru Besar Paru FKUI & Mantan Direktur Regional WHO SEARO, Profesor Tjandra Yoga Aditama
Sumber :
  • satgas covid-19

VIVA – Pemerintah mengantisipasi lonjakan kasus konfirmasi positif saat long weekend kemarin, menandakan bahwa COVID-19 masih harus diwaspadai. Salah satu langkah yang kerap digaungkan adalah dengan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menjaga jarak sendiri disarankan minimal 2 meter antar individu lantaran droplets bisa 'terbang' jika di bawah jarak tersebut. Tentu, dengan membatasi jarak, kerumunan pun dilarang karena berpotensi besar menularkan virus SARS-CoV-2 itu.

Bukan tak mungkin dengan adanya kerumunan, virus dapat masuk dan menginfeksi tubuh khususnya paru-paru. Organ pernafasan tersebut dikatakan pakar menjadi 'markas' dari virus corona yang diduga bermula di Wuhan, China.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Untuk itu, organ paru-paru harus dijaga tetap sehat dan terhindar dari hal-hal yang memicu virus menginfeksi dengan mudah. Bersamaan dengan itu, VIVA Talk kali ini mengundang Guru Besar Penyakit Paru FKUI Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama untuk berbincang berkaitan dengan hal tersebut.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tema yang dibawakan yakni Tetap Jaga Jarak, Corona Masih Ada sengaja dibuat untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga jarak. Acara VIVA Talk akan disiarkan langsung di akun Instagram VIVA.co.id pada hari Selasa 3 November 2020 pukul 15.00 WIB.

Pertanyaan seputar COVID-19 dan bahayanya pada paru-paru bisa diberikan di kolom komentar dan langsung dijawab saat itu juga oleh pakarnya.

Tak hanya itu, berbagai langkah pencegahan termasuk menjaga jarak pun bisa ditanyakan langsung untuk meminimalisir penyebaran virus itu.

Buat yang masih penasaran informasi terkait efek samping obat-obatan penanganan gejala COVID-19 pada paru-paru, juga boleh langsung ditanyakan. Yuk siapkan pertanyaan dan stay tune terus untuk informasi terupdate di instagram VIVA.co.id!

Tak lupa mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M yakni Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan guna menekan serta mencegah bertambahnya jumlah pasien COVID-19.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya