Hadapi Kenaikan Kasus, Ini Antisipasi Satgas COVID-19

Petugas memeriksa berkas pasien COVID-19 saat tiba RS Darurat Wisma Atlet
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Indonesia kembali mengalami peningkatan kasus virus corona atau COVID-19. Setelah sebelumnya tercatat ada penambahan kasus positif sekitar 5000 orang. Indonesia kembali mencatat rekor dengan penambahan jumlah kasus positif harian, sebanyak 6.267 kasus baru, pada Minggu 29 November 2020. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kepala Sekretariat RSD COVID-19 Wisma Atlet, Kolonel Laut (K), dr RM Tjahja Nurrobi M.Kes SpOT (K) Hand, mengatakan telah melakukan sejumlah antisipasi di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. 

"Untuk saat ini, di RS Wisma Atlet total pasien masih di 3500. Namun, dari jumlah ini, kita melihat bukan masalah persentase jumlahnya, namun yang kita lihat lebih ke arah percepatan pengisiannya, sehingga kita perlu antisipasi," ujarnya di Youtube BNPB Indonesia, Senin 30 November 2020. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sedangkan untuk isolasi mandiri, Tjahja menuturkan percepatan pengisiannya juga sama. Namun, masih dibantu dengan Wisma Atlet Pademangan. 

"Kita masih dibantu dengan adanya Wisma Atlet Pademangan dan ada beberapa hotel di DKI yang ditunjuk oleh Dinas Parekraf maupun Dinas Kesehatan DKI. Ditambah mungkin mereka akan menambah beberapa penginapan-penginapan," lanjut dia. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tjahja turut menjelaskan terkait ketersediaan kamar rawat inap dan flat isolasi mandiri di RS Wisma Atlet, yang sudah mencapai 80 dan 50an persen. 

"Kalau di RS Wisma Atlet, ketersediaan karena ada isolasi tower flat 5, RS yang tower 4, 6 dan 7. Jadi, ada dua, untuk yang isolasi mandiri saat ini kurang lebih sudah mencapai 80 persen. Sedangkan yang tower 4, 6 dan 7, saat ini sudah mencapai 50 sekian persen," kata dia. 

Sementara hotel-hotel yang juga disiapkan oleh Dinkes maupun Dinas Parekraf DKI, info yang didapat Tjahja, beberapa hotel tersebut kapasitasnya juga sudah hampir penuh. 

"Kalau gak salah hotel Ibis Senen, Grand Asia Penjaringan, ini sudah hampir atau bahkan mencapai 100 persen," ungkapnya. 

Tjahja menuturkan, baik dari Dinas Kesehatan maupun Dinas Parekraf, akan mengupayakan untuk melakukan penambahan. 

"Sepertinya di Twin Plaza dan juga ada tempat-tempat seperti JIC, Graha Wisata di TMII, dan ada grand wisata satu lagi. Nah, itu penambahannya," kata Tjahja Nurrobi.

Seperti dijelaskan di paragraf awal, kasus COVID-19 masih tinggi. Untuk itu patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menjauhi Kerumunan, serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak
#pakaimasker

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya