Berapa Berat Badan yang Bisa Ditambah Dalam Sehari?

Berat badan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Apakah Anda pikir berat badan bisa bertambah dalam sehari atau penurunan berat badan bisa disabotase dengan makan berlebihan satu hari? Kami mencoba mencari tahu berapa banyak lemak yang berpotensi diperoleh saat makan berlebihan dan apa yang dapat dilakukan.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Sangat tidak mungkin untuk menambah berat badan hanya dengan makan berlebihan satu kali. Jika Anda menyaksikan fluktuasi berat badan yang terutama disebabkan oleh retensi air yang disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan.

Apabila Anda melakukan perhitungan maka 453 gram (satu pon) lemak tubuh sama dengan 3.500 kalori. Jadi, untuk menambah berat badan 500 gram, Anda harus mengonsumsi 3.500 kalori dalam satu waktu. Ini akan menjadi jumlah makanan yang sangat banyak dan tidak mungkin dimiliki seseorang dalam satu waktu.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Anda mungkin pernah mendengar kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka bertambah 5 kilo selama musim liburan, pada kenyataannya, kebanyakan orang hanya mendapat 1 kilo. 

Sesuai studi terbaik yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, yang dilansir dari Times of India, seseorang hanya bisa mendapatkan 1 kilo selama periode liburan enam minggu antara Thanksgiving dan Hari Tahun Baru. Hanya kurang dari 10 persen orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini memperoleh sekitar 2 kilogram selama waktu ini.

Biasanya Jadi Panutan, Nikita Willy Kali Ini Dikritik karena Biarkan Anak Makan Sambil Ngantuk

Makan berlebihan sesekali tentu tidak menyebabkan penambahan berat badan. Tetapi dapat menyebabkan kembung, gangguan pencernaan dan retensi air. Jadi, yang terbaik adalah makan dalam jumlah sedang meskipun hidangan favorit disajikan di depan Anda. 

Tidak perlu merasa bersalah dengan makan berlebihan suatu hari karena itu tidak akan memengaruhi berat badan. Hanya saja, jangan menjadikannya kebiasaan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan masalah terkait perut setelah makan berlebihan seharian.

Apa yang harus dilakukan setelah makan berlebihan

Minum banyak air: Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini membantu Anda mengatasi masalah kembung, meningkatkan mood, dan menyeimbangkan nafsu makan.

Makan makanan kaya serat: Makan makanan kaya serat setelah mengonsumsi makanan berlemak dan pedas dapat meredakan kembung dan sembelit. Probiotik, lemon, bayam, adalah beberapa pilihan makanan yang baik. Selain itu, cobalah untuk menghindari minuman manis keesokan harinya.

Latihan: Berkeringat adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa bersalah dan membakar kalori. Libatkan beberapa aktivitas fisik ringan seperti berlari, jogging.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya