Apel Merah vs Hijau: Mana yang Lebih Sehat dan Cocok untuk Diet

Apel hijau dan merah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Warna kulit mereka bukan satu-satunya hal yang membuat kedua apel ini berbeda satu sama lain. Keduanya memiliki rasa yang berbeda, dikemas dengan nutrisi yang berbeda dan memiliki manfaat nutrisi yang berbeda. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Jadi wajar untuk penasaran tentang mana yang lebih baik. Pada artikel yang dilansir dari laman Times of India ini, kami telah membandingkan kedua jenis apel tersebut dan telah mencoba mencari tahu mana yang lebih baik?

Rasa dan penampilannya

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Apel hijau rasanya asam dan memiliki kulit tebal, yang membuatnya lebih renyah. Apel merah, sebaliknya manis, berair dan memiliki kulit tipis. Karena rasa manisnya, orang lebih menyukai apel merah daripada apel hijau.

Manfaat nutrisi dari apel

Anak Puasa Hingga Ikut Mudik? Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Jelang Lebaran

Kedua jenis apel tersebut dikemas dengan vitamin dan mineral yang menyehatkan. Mereka kaya akan antioksidan, pektin, quercetin dan flavonoid. Mereka melindungi sel dari kerusakan oksidatif, mengurangi risiko penyakit jantung dan hati kronis. Apel rendah serat dan kalori, yang menjadikannya buah yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Perbedaan kandungan nutrisinya

Ada perbedaan kecil dalam kandungan nutrisi antara kedua jenis apel tersebut. Apel hijau adalah sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang lebih baik dibandingkan dengan mitranya. Selain itu, buah ini mengandung lebih banyak zat besi, kalium dan protein daripada apel merah. 

Photo :
  • U-Report

Menurut beberapa penelitian, apel hijau bisa lebih baik untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan. Jika Anda mencoba untuk mengurangi asupan gula Anda secara keseluruhan, lebih baik beralih ke apel hijau. Apel merah, sebaliknya, mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih enak.

Apel Merah vs Hijau

Memang ada beberapa perbedaan nutrisi antara apel merah dan hijau, tetapi perbedaan kesehatan dapat diabaikan. Jika kita melihat nilai gizinya maka apel hijau lebih sehat dari pada apel merah. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan asupan antioksidan maka sertakan apel merah dalam menu makanan Anda. Pilihan ideal adalah memiliki kedua jenis apel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya