Terungkap, Kebiasaan Pagi Sandiaga Uno Bikin Bugar Sepanjang Hari

Sandiaga Uno di Kerinci, Jambi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, membocorkan rahasia tubuh bugarnya. Dia mengatakan, selalu membiasakan untuk bangun pagi dan minum air putih sebelum sarapan. 

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

"Bangun pagi saya selalu minum air putih, sebelum sarapan pagi, terus minum jus, makan pepaya. Kadang-kadang ada yogurt, sereal, oatmeal, abis itu siap-siap olahraga," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne

Selain itu, Sandiaga juga sering mengonsumsi lemon yang diiris-iris tipis. Menurut dia, cara tersebut bisa menambah stamina dan mencegah dehidrasi. 

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Banyaknya sih lemon yang diiris-iris, kadang saya suka gigit-gigit padanan daripada air. Gunanya menambah stamina, memastikan tidak kekurangan air, tidak kekurangan zat mineral, jadi untuk mencegah dehidrasi," lanjut dia. 

Sandiaga menceritakan, untuk olahraga, dia kerap menyesuaikan jenisnya dengan hari dan aktivitas. 

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

"Kalau hari Sabtu, biasanya saya sepeda, lari, sama basket. Biasanya sih antara 2-2,5 jam per hari. Tapi, mungkin kalau pas berdinas tentunya kita harus mencoba menakar lebih sedikit, karena kan mulai kerjanya lebih awal," kata dia. 

Menurut Sandiaga, meski porsi olahraganya dikurangi, namun rutinitasnya tetap harus dijaga. Karena menurut dia, tubuh harus selalu dilatih agar tetap sehat. 

"Karena badan saya sudah terbiasa olahraga setiap seminggu lima kali, saya akan usahakan tetap rutin, walaupun mungkin waktunya gak bisa sepanjang sebelum berdinas," sambung dia. 

Lebih lanjut menurut Sandiaga, olahraga akan lebih optimal jika dilakukan pada pagi hari. Sebab, di waktu tersebut tubuh memiliki beberapa zat yang jika distimulasi bisa menghasilkan hormon endorfin. 

"Zat-zat endorfin itu yang akan membuat kita beraktivitas dengan lebih segar dan termotivasi dengan penuh semangat. Olahraga juga bisa dilakukan dengan hal-hal yang ada di sekeliling kita untuk memastikan bahwa kita mencegah penyakit-penyakit," kata Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya