Tanggapan Kemenkes Soal Raffi Ahmad Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Foto Raffi Ahmad usai divaksin Sinovac bersama para rekan selebritis
Sumber :
  • IG lambe_turah

VIVA – Rabu 13 Januari 2021, program vaksinasi COVID-19 tahap pertama dimulai. Pada program vaksinasi tersebut, presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin COVID-19 buatan Sinovac, China. Selain Presiden Joko Widodo, Raffi Ahmad menjadi perwakilan kaum milenial yang mendapatkan vaksin COVID-19 pada tahap pertama.

Bongkar Sifat Posesif Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani Sampai Jaga Jarak dengan Raffi Ahmad

Namun usai mendapat vaksin COVID-19, Raffi Ahmad menjadi perbincangan lantaran keberadaannya di sebuah acara setelah vaksinnasi tersebut. Dalam acara itu, Raffi terlihat bersama dengan sejumlah rekan-rekan artis.

Dalam foto-foto yang diunggah ke Insta Stories, Raffi dan artis lainnnya seolah tidak mengindahkan protokol kesehatan. Mereka tidak menjaga jarak, dan tidak menggunakan masker. 

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Padahal Rabu kemarin, Presiden Joko Widodo telah mengingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehaan meski telah divaksin. 

Ramainya unggahan itu di media sosial, buat Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi beri komentar. Siti Nadia menghimbau Raffi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan meski telah mendapatkan vaksin COVID-19.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

“Seharusnya walau sudah di vaksin tetap menjalankan prokes (protokol kesehatan) yaa tidak boleh kendor atau lalai melakukan 3M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun) apalagi setelah dilakukan vaksinasi diperlukan waktu untuk tubuh membuat antibodi yaa...,” kata Siti Nadia kepada VIVA.co.id, Kamis 14 Januari 2021.

Selain itu, Nadia juga mengutarakan penting untuk terus saling mengingatkan antar satu sama lain terkait hal tersebut.

“Jadi mari sama sama kita ingatkan yaa. Saya rasa teguran sosial yang juga dari para netizen yang paham akan lebih mengingatkan siapaun untuk tetap patuh prokes. Ini kan perjuangan bersama ya,” kata Nadia. 

Sebelumnya, pihak istana juga mengutarakan akan menegur Raffi Ahmad terkait ramainya unggahan yang memperlihatkan Raffi dalam sebuah acara kemarin malam. Kepala Sekertariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya baru mendapat informasi dan akan memberikan teguran atas perilaku Raffi Ahmad tersebut. 

“Kami akan nasihati,” ucap Heru.

Heru juga memastikan, Satgas COVID-19 sudah memberi tahu ke bos Rans Entertainment tersebut. Usai divaksin, seharusnya tidak melakukan aktivitas seperti berkerumun, seperti yang dilakukan Raffi Rabu malam kemarin. 

“Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi COVID-19 agar menaati proses,” kata Heru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya