Khasiat Minyak Atsiri, Penghilang Bau Badan Hingga Antivirus

Ilustrasi minyak gosok/essential oils
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Indonesia dikenal kaya akan rempah dan sumber herbal yang begitu lengkap. Salah satunya adalah minyak atsiri.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Minyak atsiri merupakan minyak yang dihasilkan dari berbagai rempah khas Nusantara seperti cengkeh dan pala yang telah membentuk peradaban dunia sejak seribu tahun lalu, karena memiliki senyawa aktif di dalamnya dan mengandung berbagai manfaat.

Prof. Dr. Irmanida Batubara, Msi, seorang peneliti natural resource sekaligus Kepala Pusat Studi Bio Farmaka Tropika LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IPB, menjelaskan bahwa minyak atsiri memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, karena terkandung senyawa aktif di dalamnya, seperti antibakteri, antivirus, antijamur, analgesik, merangsang selera makan, bahkan dapat berfungsi sebagai penghilang bau badan.

Pacu Kinerja Industri Minyak Atsiri, Kemenperin Bentuk PIMAR Tahun Depan

Irmanida menambahkan, minyak atsiri sejak lama digunakan dalam berbagai hal, baik itu sebagai pengobatan serta ritual keagamaan. Menghirup minyak atsiri juga dapat menurunkan kadar stress seseorang, karena kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah.

“Senyawa aktif yang terkandung dalam minyak atsiri apabila dihirup dapat menurunkan kadar stress pada tubuh, serta mebuat laju detak jantung lebih teratur. Sehingga tubuh seseorang yang menghirupnya menjadi lebih relaks,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Ini Tips Menangani Stress untuk Ibu Muda dari Nagita Slavina

Khasiat luar biasa minyak atsiri ini terkandung dalam Minyak Balur Kauniyah dari Kauniyah Oil Indonesia. Brand ini dimiliki oleh Ummu Balqis dan Suaminya, Ummu Balqis sendiri dikenal sebagai seorang pebisnis sekaligus influencer keluarga.

Minyak Balur Kauniyah diramu dari 13 esensial oil terapheutic grade dalam balutan minyak natural yakni minyak atsiri yang menghadirkan aroma khas dan unik serta begitu menenangkan, namun tetap dengan khasiat yang powerful.

Minyak Balur Kauniyah dapat digunakan pada berbagai bagian tubuh untuk mendapatkan berbagai manfaat, seperti membalurkannya di bagian tengkuk, dahi dan pelipis dapat mengatasi nyeri dan sakit kepala serta gangguan tidur. Membalurkannya di bagian betis kaki yang sakit, dapat membantu untuk mengatasi pegal-pegal, memar, benjol, serta ambeien.

Selain itu, membalurkan ini pada bagian kulit dapat mengatasi mual, nyeri haid pada perempuan saat datang bulan, serta mengatasi gangguan pencernaan. Untuk mengatasi gangguan pernapasan, meredakan flu serta masuk angin dapat membalurkan minyak ini pada bagian punggung serta bagian dada.

Selain itu, untuk menjaga stamina tubuh, minyak ini dapat dibalurkan pada bagian telapak kaki serta tulang bagian belakang. Apabila digunakan untuk bayi dengan rentang usia 0-3 bulan, Anda dapat mencampurkan terlebih dahulu dengan VCO, dengan perbandingan 1:1 agar lebih encer sehingga dapat lebih merata ketika dibalurkan di tubuh anak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya