Buah yang Dibekukan Lebih Baik Kualitasnya? Ini Kata Pakar

Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :
  • Freepik/Valeria_aksakova

VIVA – Membekukan menjadi teknik yang sering dilakukan oleh masyarakat sebagai cara untuk menyimpan makanan agar tahan lama. Bukan hanya makanan saja, beberapa dari kita juga sering membekukan buah agar memiliki umur simpan lebih lama.

Jangan Asal Gaya! Hati-Hati Penggunaan Sepatu Carbon Plated Buat Lari

Bukan hanya itu saja, ternyata membekukan buah lebih baik dibandingkan dengan buah yang segar. Hal tersebut diungkapkan oleh spesialis Gizi Klinik, dr. Dr. Juwalita, SpGK dalam tayangan Hidup Sehat TvOne.

"Ada penelitian yang menyebutkan buah dibekukan dengan buah yang segar tetapi mengalami penyimpanan cukup lama nutrisi lebih tinggi dibekukan," kata dia, Rabu 28 April 2021. 

5 Tips Nyimpan Buah dan Sayuran supaya Segar Berminggu-minggu

Berbicara mengenai membekukan buah, apakah membekukan buah dengan kandungan air yang tinggi dapat merusak buah tersebut? Terkait hal itu, Juwalita menjelaskan bahwa sebenarnya buah-buahan dengan kandungan air tinggi akan lebih baik jika dikonsumsi segar. 

"Segar ketika dipanen langsung dimakan. Namun tidak mungkin, ketika dipetik buah akan mengalami serangkain proses yang akhirnya nutrisinya menurun. Belum lagi setelah dipanen buah ditransport ke distributor baru ke pasar atau supermarket baru ke konsumen. Serangkaian proses itu sebenarnya menyebabkan nilai nutrisi menurun," kata dia. 

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Juwalita menjelaskan, tujuan membekukan buah sendiri agar proses tadi tidak berlanjut. Artinya begitu dipanen langsung dibekuan sehingga proses yang dapat menurunkan kualitas buah itu dihentikan.

Menurut dia, jika ingin menyimpan buah di kulkas sebaiknya potong menjadi beberapa bagian dan pisahkan yang akan digunakan. Sisanya simpan dalam plastik kedap udara agar menghentikan proses oksidasi. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa memasukkan buah ke dalam freezer hanya boleh dilakukan sebanyak satu kali.

"Sebenarnya makanan apapun yang dari freezer turunin ke chiler engga boleh dibalikin lagi ke freezer. Karena akan mendapatkan suhu ekstrem bolak balik jadi hanya sekali. Jadi Potong dulu sesuai porsi yang mau kita pakai baru masuk ke freezer pada wadah kedap udara agar tak terokisdasi," ujar dia.

Selain itu untuk buah tomat juga tidak masalah untuk dibekukan. Lantaran dijelaskan oleh Juwalita proses pembekuan tomat pasca dipanen itu dapat menghentikan proses oksidasi. Sehingga  dapat mempertahankan nutrisi tetap terjaga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya