Kenali 8 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Insomnia
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Sejumlah orang diketahui mengalami kondisi sulit untuk tidur di malam hari. Menurut American Psychiatric Association, sekitar sepertiga dari seluruh orang dewasa melaporkan gejala insomnia

Asupan Kopi Dalam Jumlah Sedang Mampu Turunkan Risiko Kecemasan, Ini Penjelasannya

Antara 6 persen hingga 10 persen orang dewasa memiliki gejala susah tidur yang cukup parah sehingga dapat menyebabkan insomnia akut. Lantas apa yang membuat mereka kesulitan tidur? Berikut ini 8 penyebab seseorang sulit tidur di malam hari. 

1. Stres dan Depresi

Pria Nekat Minum Kopi 1 Galon, Netizen: Gila!

Diperkirakan sekitar 40 persen orang yang susah tidur memiliki gangguan kesehatan mental. Kondisi seperti ini memicu munculnya negatif thinking yang mengganggu jam tidur. Selain itu, banyak penelitian menjelaskan bahwa orang yang depresi dan stres dapat memperburuk suasana hati.

2. Konsumsi kopi

Mr P Gak Loyo Lagi, Minum Kopi Diklaim Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi

Photo :
  • Times of India

Kafein pada kopi diketahui selain menenangkan pikiran juga menghilangkan kantuk. Jika dikonsumsi secara terus menerus tentunya akan memengaruhi kualitas tidur, termasuk memicu gangguan sulit tidur. 

3. Konsumsi alkohol

Menurut penelitian University of Missouri School Medicine alkohol dapat memengaruhi ritme sirkadian dalam tubuh pecandu alkohol. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon adenosin ketika seseorang tertidur. Akibatnya adalah pola tidur seseorang menjadi tidak seimbang dengan waktu tidur yang singkat. 

4. Menderita penyakit kronis

Penderita penyakit kronis diketahui mengalami gangguan tidur. Hal ini karena penderita penyakit kronis merasakan sakit yang mendera tubuhnya. Pada penderita penyakit jantung, kanker, paru-paru, dan stroke sering mengalami gangguan susah tidur. 

5. Gaya hidup tidak sehat 

Tidak hanya minum minuman beralkohol, mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat memicu gangguan susah tidur. Bermain game dan kerja lembur sampai malam juga dapat mengganggu tidur karena membuat otak tidak mendapatkan waktu istirahatnya karena terus terstimulasi.

6. Terlalu banyak makan

Perut yang penuh karena makanan menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman ketika tidur.  Rasa mulas atau rasa ingin muntah karena naiknya asam lambung tentunya membuat tidur menjadi tidak nyaman. 

7. Jetlag

Kondisi jetlag dapat menyebabkan pola tidur menjadi kacau. Hal ini bisa terjadi karena tubuh seseorang yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan zona waktu yang begitu cepat.

8. Bermain gadget sebelum tidur

Tahukah Anda, paparan cahaya biru dari layar gadget akan memengaruhi produksi hormon melatonin. Padahal hormon inilah yang membantu seseorang tertidur. Artikel lengkapnya bisa dicek di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya