Rekomendasi Obat Semprot Untuk Hidung Tersumbat

Ilustrasi flu/bersin/pilek.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Hidung tersumbat mengakibatkan kita sulit untuk bernapasan dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Jika anda mengalaminya, anda bisa menggunakan obat semprot yang mengandung oxymetazoline untuk meringankan pernapasan pada hidung yang disebabkan oleh gejala flu dan alergi.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Hidung tersumbat bisa disertai dengan keluarnya ingus/cairan hidung, ataupun tidak. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan di dalam hidung dan sekitarnya, termasuk pembuluh darah, terjadi pembengkakan akibat peradangan dengan produksi cairan lendir yang berlebihan.

Apa saja obat semprot yang bisa digunakan untuk meredakan pernapasan? Berikut beberapa rekomendasi jenis obat semprot.

Jaga Kesehatan, Ini Obat-obatan yang Perlu Dibawa Jemaah Haji

Obat semprot hidung (nasal spray) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengatasi sejumlah gejala pada hidung dengan lebih cepat. Karena obat ini dapat disemprotkan langsung ke dalam hidung dan mampu bekerja dengan segera. Berikut rekomendasi obat semprot untuk hidung tersumbat.

7 jenis obat semprot untuk hidung tersumbat yang dikutip dari sehatq.com:

Dokter Peringatkan Soal Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis
  1. Obat semprot steroid (kortikosteroid)

Obat semprot steroid atau obat semprot kortikosteroid, merupakan salah satu obat semprot hidung yang dapat digunakan sebagai pengobatan pertama alergi. Obat semprot steroid ini dapat mengurangi peradangan pada saluran hidung. Beberapa gejala yang dapat diatasi dengan obat semprot steroid ini seperti hidung tersumbat, bersin, mata berair, dan hidung meler.

Obat semprot steroid harus digunakan secara teratur sesuai aturan pakai pada kemasan atau anjuran dokter. Jika digunakan secara sembarangan, obat semprot hidung ini tidak akan efektif. Obat semprot steroid juga memiliki efek samping, namun risikonya lebih rendah dibandingkan dengan obat yang diminum.

  1. Obat semprot antihistamin

Obat semprot antihistamin berfungsi untuk memblokir histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti hidung meler. Namun, penggunaan obat semprot hidung ini kurang begitu nyaman karena menimbulkan rasa pahit.

  1. Kombinasi kortikosteroid dan antihistamin

Ada juga jenis obat semprot hidung kombinasi antara steroid dan antihistamin. Namun obat ini tidak dijual dengan bebas dan butuhkan resep dokter untuk mendapatkannya.

  1. Obat semprot dekongestan

Obat semprot ini dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cara menyempitkan pembuluh darah pada hidung. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan sehingga meredakan hidung tersumbat.

Perlu diketahui obat ini hanya dapat digunakan dalam waktu singkat yaitu tidak lebih dari tiga hari. 
Namun penggunaan obat semprot hidung tersumbat dalam jangka panjang ada resikonya juga yang menyebabkan ketergantungan dan hidung menjadi lebih mudah tersumbat lagi (rhinitis medikamentosa).

  1. Obat semprot antikolinergik

Obat semprot antikolinergik ini dapat mengobati pilek, baik karena rhinitis alergi atau nonalergi, karena dapat mengurangi sekresi dari kelenjar di saluran hidung. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan obat ini yaitu mulut kering dan rasa tidak enak di mulut.

  1. Obat semprot sodium cromolyn

Obat semprot sodium cromolyn bisa mengatasi hidung tersumbat, bersin, dan pilek pada penderita alergi. Efek samping yang paling umum dari penggunaan obat ini yaitu saat awal menggunakannya hidung terasa terbakar dan muncul seperti tersengat.

  1. Obat semprot saline

Obat semprot saline merupakan jenis obat semprot hidung yang mengandung garam dan bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada hidung. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya iritasi atau infeksi. Obat semprot ini juga bisa digunakan saat mengalami mimisan. Namun, perlu diketahui bahwa obat ini tidak dapat digunakan untuk obat semprot hidung tersumbat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya