Ini Manfaat Okra untuk Diabates dan Bantu Turunkan Gula Darah

Okra
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Okra, atau dikenal sebagai ladyfinger, adalah tanaman berbunga hijau dan termasuk dalam famili tanaman yang sama dengan kembang sepatu dan kapas. Terlepas dari rasanya yang luar biasa, itu dipenuhi dengan nutrisi dan mineral yang penting bagi tubuh.

Senjata Ampuh Lawan Penuaan Dini Hingga Diabetes Ditemukan, Ternyata Ada di 5 Makanan Ini

Okra memiliki reputasi sebagai 'makanan super' karena merupakan berkah bagi mereka yang menderita diabetes atau kanker. Ini memiliki kalium, vitamin B, vitamin C, asam folat, dan kalsium. Ini juga rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi.

Ditemukan bahwa okra sangat bermanfaat untuk tahap awal diabetes. Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi air okra dilaporkan mengalami penurunan kadar gula darah

Wulan Guritno Bongkar Efek Mengejutkan Hentikan Konsumsi Gula: Lemot dan Sensian!

Biji okra panggang pun telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat di Turki untuk mengobati diabetes. Berikut ini yang membuat okra bermanfaat bagi penderita diabetes, dikutip dari Times of India.

Tinggi serat

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Okra adalah sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi, yang berperan penting dalam pengobatan diabetes. Disebut sebagai makanan anti-diabetes karena adanya kandungan serat tinggi yang menstabilkan kadar gula darah dengan memperlambat laju penyerapannya dari saluran pencernaan. 

Okra  juga mempromosikan kontrol glikemik yang lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan makanan ini tidak hanya membantu dalam diabetes tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti gangguan pencernaan, mengurangi mengidam, dan membuat orang kenyang lebih lama.

Dipenuhi dengan antioksidan

Okra juga kaya akan antioksidan yang mengurangi tingkat stres dalam tubuh. Mengelola diabetes tidak hanya tentang apa yang kita konsumsi tetapi juga tentang perubahan gaya hidup kita yang dapat membantu mengelola diabetes kita. 

Mengelola stres juga dapat membantu dalam mengelola diabetes Anda, karena stres jangka panjang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Mengatur kolesterol

Penelitian menemukan bahwa penderita diabetes lebih cenderung memiliki kolesterol tinggi. Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan serat untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Penting untuk menjaga kesehatan yang baik, untuk mengurangi komplikasi diabetes.

Cara memasukkan okra ke dalam makanan

Ada beberapa hidangan yang bisa dibuat dengan okra, bisa digunakan sendiri atau sebagai kombinasi dengan bawang dan tomat.

Anda bisa memotong okra menjadi beberapa bagian dan memasukkannya ke dalam air semalaman dan meminumnya di pagi hari.

Anda juga dapat menggunakan kulit okra, dengan memarut okra dengan parutan dan menggunakan kulitnya sebagai hiasan atau dikonsumsi apa adanya.

Anda dapat membeli biji okra bubuk atau membuatnya dari awal dengan mengeringkan bijinya sebelum digiling. Biji okra bubuk terbukti bermanfaat untuk diabetes dan sebagai suplemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya