11 Khasiat Buah Cermai bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Buah cermai.
Sumber :
  • http://daribuahdaun.blogspot.co.id

VIVA – Buah cermai memiliki bentuk yang kecil  dengan warna hijau saat masih muda, dan hijau kekuningan ketika sudah tua.  Cermai ini termasuk dalam jenis buah berry, yang memiliki nama internasional Gooseberry.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Buah dengan nama latin Phyllanthus acidus ini, berbentuk kecil dan memiliki rasa yang asam. Selain bisa dinikmati secara langsung, buah cermai juga nikmat dijadikan manisan.

Meskipun terlihat sepele, namun ternyata buah cermai kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, di antaranya protein, karbohidrat, serat, Vitamin A dan C, kalsium, fosfor, besi, thiamin dan riboflavin.

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang kaya akan gizi, karena daun buah cermai juga kaya akan nutrisi, antara lain karbohidrat, protein, lemak, serat, polifenol, flavonoida, saponin, dan tanin.

Inilah 11 Khasiat Buah Cermai bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III
  1. Menurunkan kolesterol

Cermai memiliki kandungan kandungan oksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan antioksidan bertugas untuk menghalau proses oksidasi dari kolesterol jahat atau LDL. Selain itu antioksidan juga mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri (aterosklerosis) yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

  1. Mengatasi Diabetest

Mengonsumsi buah cermai baik untuk penderita diabetes agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Manfaat buah cermai ini tak lain karena kandungan mineral kromium di dalamnya, yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Sehingga, penyerapan glukosa menjadi lebih terkontrol. 

  1. Melawan bakteri jahat

Berdasarkan penelitian ekstrak buah cermai, ditemukan bahwa cermai mengandung senyawa polifenol dan saponin yang dapat melawan bakteri jahat jika masuk ke dalam tubuh, seperti Escherechia coli dan Staphylococcus aureus. Bakteri E. coli merupakan bakteri yang paling sering menimbulkan penyakit infeksi pada saluran kemih dan enterokolitis. Sedangkan bakteri S. aureus bisa menimbulkan berbagai penyakit yang tidak jarang sampai mengakibatkan sakit parah hingga kematian.

  1. Mencegah peradangan

Kandungan antioksidan dalam buah cermai juga dipercaya dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Penyakit yang bisa diturunkan risikonya, antara lain reumatik, bronkitis, asma, kelainan saluran napas, hingga diabetes dan penyakit hati.

  1. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Buah cermai juga mengandung vitamin C yang dikenal juga dengan istilah asam askorbat. Jika mengkonsumsi buah cermai dengan porsi yang cukup, vitamin ini dapat melindungi sistem imun tubuh dari serangan penyakit, menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler, hingga penyakit mata degeneratif. 

Manfaat untuk dunia kecantikan, vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Kolagen dapat membuat kamu terlihat awet muda dan kulit selalu kenyal serta terhindar dari gejala penuaan dini seperti kulit keriput. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan fitonutrien yang ada dalam buah cermai juga bisa menjaga kesehatan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

  1. Menjaga mata tetap sehat

Vitamin A yang terkandung pada buah cermai merupakan salah satu nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan mata dan sel dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan vitamin A, maka kamu bisa mengalami gangguan penglihatan, seperti tidak dapat melihat dalam cahaya redup yang biasanya rentan terjadi pada anak kecil dan ibu hamil. 

  1. Sumber energi

Buah cermai juga mengandung vitamin B5 yang berkhasiat untuk memproduksi sel darah merah dan membantu membuat asupan makanan lebih mudah menjadi energi. Vitamin B5 ini sangat penting bagi tubuh untuk mengatasi kelelahan, depresi, insomnia, hingga infeksi saluran pernapasan bagian atas.

  1. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Mengonsumsi buah ceremai juga dapat membantu memenuhi asupan kalium dalam tubuh. Manfaat cermai yang tinggi kalium dan potassium ini untuk mengatur keseimbangan asupan cairan serta membantu menjaga keseimbangan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan kalium dapat membantu meredakan ketegangan dinding pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Bagi kamu yang mempunyai masalah pencernaan, bisa mengkonsumsi buah cermai ini. Karena buah cermai juga berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan kandungan serat, sehingga bisa mencegah sembelit. Selain itu, serat juga bisa membantu mengontrol kadar gula, mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko penyakit kronis lainnya.

  1. Berfungsi sebagai diuretik

Diuretik merupakan kemampuan tubuh agar dapat menyerap lebih banyak cairan dan memperlancar proses pembuangan melalui urin. Hal demikian bermanfaat untuk membuang racun sehingga tidak menumpuk dalam tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh International Research Journal of Pharmacy, menyebutkan bahwa buah cermai efektif untuk mempercepat proses pembuangan racun dari sisa makanan, asam urat, hingga pembuangan bakteri dari hati dan juga ginjal.

  1. Menjaga kesehatan rambut

Ternyata buah cermai ini juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut lho. Buah ini terkenal dapat dijadikan tonik alami yang diolah menjadi minyak rambut untuk mengatasi kerontokan dan masalah rambut lainnya. Kandungan yang terdapat dalam buah cermai juga disebut dapat memperlancar aliran darah menuju rambut, sehingga asupan nutrisi dan oksigen untuk rambut terpenuhi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya