Tarif Tes PCR Turun, Ini Daftar Kisaran Harganya

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.
Sumber :
  • Pixabay/neelam279

VIVA – Kini, masyarakat Indonesia sudah tidak perlu khawatir lagi perihal tarif PCR Swab Test untuk pemeriksaan COVID-19. Karena Pemerintah telah menetapkan kebijakan baru yang jauh lebih hemat dan terjangkau.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Melalui Instruksi Presiden Jokowi dan Kementerian Kesehatan, Pemerintah resmi mematok tarif swab PCR sebesar Rp450.000-Rp550.000.

Selain itu, masyarakat juga tidak perlu resah karena pemerintah menekankan bagi para penyedia layanan swab PCR untuk menyediakan hasil tes maksimal dalam kurun waktu 1x24 jam. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hal tersebut dilakukan demi mendukung program penekanan penyebaran COVID-19, yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih. Pun dengan Bumame Farmasi, yang turut memberlakukan harga PCR Swab Test baru. 

Direktur Utama Bumame Farmasi, James Wihardja, mengatakan tarif baru ini resmi diberlakukan di 29 cabang yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Melalui komitmen tersebut, kami turut membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan melebarkan jangkauan layanan melalui pembukaan cabang-cabang terbaru di kota-kota lainnya, agar bisa meningkatkan tracing dan testing secara menyeluruh sesuai arahan Presiden Jokowi," ujar James dalam keterangannya, Selasa 17 Agustus 2021. 

James menambahkan, mereka berusaha memaksimalkan solusi agar masyarakat bisa menggunakan layanan Swab PCR Test dengan mudah, aman, berkualitas dan tentunya dengan tarif yang lebih terjangkau. 

"Melalui program pemerintah ini, kami berkomitmen penuh untuk memberikan kemudahan demi menekan laju penyebaran COVID-19 melalui jangkauan cabang Bumame yang tersebar luas di Jabodetabek dan Bandung, menyusul kota-kota lainnya," kata dia. 

James berharap, dengan meningkatnya angka testing dan tracing, masyarakat bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Serta, program ini dapat berjalan sukses dan Indonesia segera merdeka dari pandemi COVID-19.

Berikut detail harga terbaru untuk tes PCR di Bumame Farmasi:

PCR Swab Test hasil 24 jam: Rp495.000 nett
PCR Swab Test hasil 16 jam: Rp750.000 nett
PCR Swab Test hasil 10 jam: Rp900.000 nett

"Sementara hasil tes PCR tercepat bisa didapat dalam waktu 10 jam, untuk swab antigen masyarakat dapat menerima hasil tes dalam kurun waktu 30 menit," tutur James Wihardja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya