Bisakah Terinfeksi Banyak Varian COVID-19, Ini Penjelasannya

Memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Seorang dokter muda dari Assam, India, baru-baru ini ditemukan terinfeksi COVID-19 varian Alpha dan Delta. Kasus tersebut menimbulkan banyak kecemasan di antara orang lain yang terinfeksi dan tidak terinfeksi. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tetapi seorang ilmuwan senior memberikan secercah harapan dengan berbagi bahwa infeksi ganda mungkin tidak terkait dengan penyakit parah. Untuk mendukung hal ini, dokter dari Assam telah melaporkan bahwa pasien dengan infeksi ganda mengalami sakit tenggorokan ringan, nyeri tubuh dan insomnia dan orang-orang ini sembuh tanpa rawat inap.

Tapi ya, infeksi dengan banyak strain mungkin terjadi. Namun, hubungan dan dampaknya terhadap kematian masih belum diketahui, karena hanya ada sedikit kasus yang membuat kesimpulan kuat. Para ilmuwan sedang bekerja untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana virus ini dapat berinteraksi pada orang yang terinfeksi dan apa artinya menghasilkan varian baru. Mayoritas infeksi ganda terlihat pada pasien yang tidak divaksinasi atau divaksinasi sebagian, demikian dikutip Times of India.

Kasus lebih banyak terjadi pada orang yang tidak divaksinasi

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Virus corona

Photo :
  • Times of India

Infeksi ganda adalah kenyataan dan dapat menjadi masalah bagi orang yang tidak divaksinasi. Misalnya, di Inggris, di mana varian Delta dan Alpha cukup lazim, tetapi infeksi ganda tidak umum karena sebagian besar penduduk divaksinasi dan dengan demikian kemungkinan infeksi ulang dan infeksi parah menjadi lebih kecil.

Di India, bahkan tidak 40 persen dari populasi yang divaksinasi sepenuhnya. Ada begitu banyak orang yang bahkan belum menerima satu dosis vaksinasi pun, yang menjadi perhatian. Para peneliti mengatakan infeksi ulang dan infeksi ganda mungkin terjadi dan dengan demikian orang harus tetap mengikuti pedoman, apakah mereka divaksinasi atau tidak. Orang yang sudah memiliki COVID-19 juga harus mengambil vaksin saat dan ketika giliran mereka tiba.

Vaksinasi 

Vaksinasi adalah kunci untuk membangun pertahanan yang memadai dan tepat terhadap COVID-19. Dan seiring dengan ini, mengikuti COVID-19 normal juga sama pentingnya. Risiko tertular infeksi COVID-19 lebih tinggi di tempat ramai dan tempat yang tidak berventilasi baik.

Jika di tempat-tempat seperti itu, orang yang terinfeksi menghabiskan waktu lama dengan orang lain dalam jarak dekat, ada kemungkinan besar penyebaran infeksi. Kemungkinan penyebaran infeksi melalui tetesan pernapasan atau aerosol lebih mungkin terjadi di lingkungan seperti itu.

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Oleh karena itu, menjaga ruangan tetap berventilasi dengan menjaga pintu dan jendela tetap terbuka, tidak pergi ke tempat-tempat yang penuh sesak dan menjaga rapat di dalam ruangan tetap singkat dapat sangat membantu dalam mencegah penyebaran virus. Diberi pilihan, selalu lebih suka pertemuan di luar ruangan karena lebih aman daripada tempat di dalam ruangan.

Tips

- Pakai maskermu

- Pertahankan jarak enam kaki antara Anda dan orang lain

- Hindari pergi ke pertemuan besar

- Tetap jaga jarak, bahkan saat bersosialisasi dengan teman dan keluarga

- Mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin

- Sering cuci tangan/gunakan sanitiser

- Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung

- Tutup hidung dan mulut dengan siku yang tertekuk atau gunakan tisu saat bersin atau batuk

- Jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, keran, dan layar ponsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya