5 Sumber Kaya Kalsium Non-Susu, Baik untuk Tulang

Ilustrasi sayuran berdaun hijau.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan kita dan susu adalah sumber utamanya. Sejak kecil, kita dipaksa untuk minum segelas susu setiap hari karena mengandung kalsium yang membuat tulang dan gigi kita lebih kuat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hal ini juga diperlukan untuk fungsi otot dan sinyal saraf. Tetapi bagaimana jika Anda bukan penggemar susu atau tidak toleran laktosa? Jangan khawatir. Anda masih bisa mendapatkan dosis kalsium harian dengan menambahkan beberapa biji dan sayuran dalam diet Anda yang sarat dengan mineral ini.

Melalui akun Instagram-nya, ahli gizi Pooja Makhija baru-baru ini membagikan video tentang lima alternatif kalsium non-susu yang dapat  ditambahkan ke makanan Anda, dikutip Times of India.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

jumlah kalsium yang direkomendasikan setiap hari

Asupan harian yang direkomendasikan (RDI) kalsium adalah 1.000 mg per hari untuk kebanyakan orang dewasa. Wanita di atas 50 membutuhkan sedikit lebih banyak dari biasanya hingga 1.200 mg per hari, sementara anak-anak berusia 4–18 tahun disarankan untuk mengonsumsi 1.300 mg. 250 ml susu, yaitu satu gelas susu memberi Anda 300 mg kalsium.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Biji Chia

Air lemon dan biji chia.

Photo :
  • U-Report

Hanya 45 gram biji chia setiap hari dapat memberi Anda jumlah kalsium yang sama dengan segelas susu. Hal ini dapat menjaga kesehatan tulang, gigi, dan kuku Anda. Biji chia juga sarat dengan serat dan protein yang membantu Anda kenyang lebih lama.

Protein berkualitas tinggi di dalamnya dapat membantu pertumbuhan otot. Campurkan dalam smoothie Anda atau buat puding untuk menambah asupannya.

Biji wijen

Biji wijen kecil, hitam atau putih, keduanya sarat dengan kalsium. Mereka juga merupakan sumber mangan, seng, dan tembaga yang sangat baik. Hanya 30 gram biji wijen dapat memberi  300 mg kalsium.

Biji wijen.

Photo :
  • U-Report

Menambahkannya setiap hari ke salad atau smoothie Anda dapat mengurangi risiko osteoartritis lutut. Selain itu, mereka juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol.

Poppy Seed 

Poppy Seed sangat kaya akan mangan dan kalsium. 20 gram biji kecil ini dapat memberi Anda 300mg kalsium. Biji ini juga kaya akan protein dan tembaga. Makan bubur ini setiap hari dapat membantu tubuh memanfaatkan asam amino, lemak, dan karbohidrat dan juga menjaga kesehatan tulang.

Sayuran hijau

Sayuran hijau baik untuk kesehatan.

Photo :
  • U-Report

Sayuran berdaun hijau gelap juga merupakan sumber kalsium yang luar biasa. Daun methi, daun kelor dan kangkung khususnya tinggi kandungan kalsium dan dapat menjadi bagian dari diet harian Anda.

Hanya 150 hingga 200 gram daun hijau ini dapat memberi Anda jumlah kalsium yang cukup. Selain itu, mereka kaya akan zat besi, yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

Ragi

100 gram ragi atau millet jari dapat menawarkan lebih dari 300 mg kalsium. Varietas millet ini juga kaya akan potasium yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Menjadi sangat kaya akan zat besi, ragi dapat membantu tubuh kita memproduksi hemoglobin. Studi menunjukkan bahwa ragi ini juga bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes karena tidak meningkatkan kadar gula darah.

Beberapa sumber kalsium lainnya termasuk kacang merah, kelor kering, almond, buah ara, tahu, brokoli, ubi jalar, biji bunga matahari, ladyfinger dan jeruk. Pooja juga merekomendasikan Anda untuk mengisi piring dengan makanan berwarna-warni untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya