Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Kista pada Wanita, Puasa Salah Satunya

dokter Zaidul Akbar
Sumber :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

VIVA – Kista adalah pembengkakan jaringan tubuh yang di bagian dalamnya terdapat kantong berisi carian. Kista diketahui bisa terbentuk di indung telur yang berada di setiap sisi rahim.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Sebagian besar kista ovarium berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala. Kista ini biasanya akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Kista baru menimbulkan masalah jika tidak kunjung hilang atau justru makin membesar.

Dalam kondisi seperti ini, penderita dapat merasakan nyeri panggul atau perut kembung. Lantas bagaimana mengatasinya? Terkait dengan hal itu, pendakwah dr. Zaidul Akbar memberikan jawabannya.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Melalui channel YouTubenya, dr. Zaidul Akbar Official, dijelaskan kista adalah masalah pada rahim yang penyebabnya dari pencernaan yang bermasalah.

"Kista adalah masalah pada rahim dan itu asalnya dari pencernaan yang bermasalah yang kita kenal dengan 'usus bocor'," kata dr. Zaidul Akbar.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Lebih lanjut, dr. Zaidul Akbar, menyarankan jika wanita memiliki masalah dengan kista untuk rutin berpuasa sunah seperti Puasa Daud selama tiga bulan. Dijelaskannya, Puasa Daud selama tiga bulan membantu untuk memperbaiki atau meregenerasi sel.

Selain berpuasa Daud, dr. Zaidul Akbar juga menyarankan wanita yang memiliki masalah kista untuk memperbaiki pola makannya.

"Kemudian perbaiki makanannya, makanan yang kecenderungannya sangat tinggi estrogen seperti ayam-ayam atau makanan daging yang disuntik hormon itu distop. Atau juga banyak sekali bahan-bahan di sekitar ibu-ibu yakni endokrin disrupter banyak pada kosmetik. Endokrin disrupter ini berpotensi memicu kanker pada tubuh seseorang ini ada banyak pada kosmetik," ujar Zaidul Akbar.

Selain berpuasa dan mencegah penyebab-penyebab timbulnya kista, dr. Zaidul Akbar juga menyarankan untuk menjalankan 'clean eating'. Dalam program clean eating ini, wanita disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak tidak baik/

"Ada puasanya, adanya stop kira-kira jalur-jalur yang membuat tubuh itu bermasalah. Kemudian mulai lakukan clean eating, makan yang bersih gak makan, makanan yang berlemak tidak baik atau mungkin gak makan makanan bertepung atau gula pasir tinggi itu mudah tapi efeknya luar biasa, dan makanan-makanan yang besar kandungan logam berat misalnya beras umum," kata Zaidul Akbar.

Selanjutnya, untuk jenis herbal yang dikonsumsi antara lain jahe, kunyit, sereh, dan jeruk nipis.

"Kemudian masuk ke rimpang-rimpangan, sebenarnya banyak sekali rempah-rempah rimpang yang bisa diolah untuk memberikan atau mengobati kista salah satu yang saya sarankan detoks rahim, ada kunyit ada serehnya atau kunyit ditambah sereh dan jeruk nipis," kata dr. Zaidul Akbar.
 
Dengan pola-pola seperti itu, Zaidul Akbar meyakini, kista hilang dengan sendirinya asal pengganggunya dihentikan, termasuk pengganggu yang paling banyak pada perempuan adalah emosi atau perasaan.

"Ini perlu diperhatikan yang enggak perlu dipikir jangan dipikir, kalau enggak perlu dirasani jangan, dan jangan pakai ilmu kebatinan dikit-dikit batin, kebatinan ini efeknya parah kalau dipendam terus-menerus bisa kanker," kata dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya