Seberapa Membantu dan Akurat Tes Antigen COVID-19, Ini Penjelasannya

Pemain PSIS Semarang menjalani tes rapid antigen
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Selama setahun, kita telah melihat banyak kemajuan dan perbaikan di bidang pengujian dan diagnosis COVID-19. Sementara kasus terus meningkat, dan saat ini banyak antigen dan hasil cepat yang mendorong tes COVID-19, sehingga dapat mengetahui apakah berisiko. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tes antigen juga terbukti membantu ketika orang sudah mulai melanjutkan kegiatan pra-pandemi dan membutuhkan kejelasan dengan kesehatan mereka. Dengan tanda-tanda gelombang ketiga segera mendekat, para ahli juga menyarankan bahwa mungkin ada permintaan yang lebih tinggi untuk alat tes cepat di rumah untuk memberi orang jawaban apakah gejala mereka benar-benar terkait COVID-19 atau tidak.

Tapi, dengan semua manfaatnya, seberapa akurat mereka? Apakah mereka sesuatu yang harus ditebar, sebelum gelombang ketiga muncul? Berikut ini penjelasannya dikutip dari Times of India.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Virus corona

Photo :
  • Times of India

Beda test antigen dan PCR

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Sebagian besar tes sendiri COVID-19 yang diizinkan untuk digunakan adalah bentuk tes antigen, yang memberi tahu tentang status COVID Anda (baik positif atau negatif) dalam waktu singkat. Tes antigen dan molekuler yang digunakan untuk tes COVID-19 berfungsi untuk mengidentifikasi keberadaan komponen virus di dalam tubuh.

Tes antigen, khususnya, yang mendukung beberapa tes COVID-19 di rumah dengan hasil cepat, menggunakan teknologi untuk melacak protein dalam strain virus di dalam tubuh dan membagikan tes positif atau negatif. 

Dibandingkan dengan ini, pengujian molekuler, juga dikenal sebagai pengujian PCR (Polymerase Chain Reaction) membantu mengidentifikasi RNA, atau komponen genetik virus, dan karenanya digolongkan sebagai tes standar emas.

Namun, kedua tes tersebut dilakukan dengan cara yang sama - menggunakan usap tenggorokan/hidung yang mengambil sampel air liur untuk melacak virus. 

Alasan mengapa tes PCR dan antigen memiliki perbedaan yang sangat bervariasi dalam hal waktu pengiriman hasil, adalah karena teknologi PCR memerlukan peralatan diagnostik khusus yang seringkali mahal dan menjalankan komponen virus melalui siklus berulang untuk menemukan hasilnya. 

Tes antigen mencari protein dan hasilnya dapat dengan mudah diverifikasi dengan cara yang ekonomis dan hemat waktu. Jadi bisa dikatakan, tes antigen-COVID dapat memberikan hasil dalam 15-20 menit, tes PCR dapat memakan waktu hingga minimal 24 jam untuk memberikan hasil, atau lebih jika ada permintaan tinggi untuk pengujian.

Seberapa membantu mereka?

Sekarang, tes antigen telah dianggap sebagai alternatif yang bagus untuk pengujian RT-PCR sejak pertama kali diizinkan untuk digunakan, permintaan untuk tes antigen COVID-19 di rumah telah meningkat tajam dalam garis waktu saat ini- ketika kasus terobosan meningkat, lebih banyak orang keluar dan varian Delta dengan cepat menyebar - artinya ada kebutuhan yang lebih besar untuk mengetahui tentang kesehatan seseorang dan status COVID-19 sejak dini.

Tes antigen juga cukup membantu karena memberikan hasil COVID-19 dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada tes PCR rata-rata. Terutama dengan lonjakan yang disebabkan oleh varian Delta, yang menyebar dan mempengaruhi orang dengan cepat, tes antigen dapat mengingatkan seseorang tentang gejalanya dan membantu mereka menerima panggilan cepat. 

Saat ini, dengan banyaknya infeksi yang disebabkan oleh infeksi pernapasan seperti demam berdarah, malaria, flu atau bahkan demam virus sederhana, mendapatkan analisis cepat dapat membantu orang mencari klarifikasi dan mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Apakah ada kemungkinan positif dan negatif palsu?

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.

Photo :
  • Pixabay/neelam279

Setelah menjelaskan manfaatnya, penting untuk diingat bahwa dengan tes apa pun, ada kemungkinan mendapatkan hasil positif dan negatif palsu. Dengan tes antigen, kemungkinan mendapatkan negatif palsu bisa sedikit lebih tinggi, dan membuatnya kurang efektif atau dapat dipercaya daripada tes PCR standar.

Senyaman dan membantu tes, tes antigen tidak 100% akurat dan mendapatkan hasil negatif pada tes tidak boleh dianggap sepenuhnya benar. Salah satu alasan utama mengapa ini terjadi adalah bahwa tes tersebut juga mengurutkan bagian protein, dan bukan seluruh RNA virus, yang dapat meningkatkan kemungkinan munculnya hasil yang salah. Negatif palsu mungkin tidak terjadi setiap kali Anda mengikuti tes, tetapi tetap saja bisa terjadi.

Alat tes COVID juga bekerja pada parameter seperti spesifisitas dan sensitivitas. Sementara beberapa tes lebih mampu daripada yang lain, tes antigen kurang 'sensitif' dibandingkan tes PCR molekuler, tetapi membantu mendiagnosis infeksi. 

Oleh karena itu, jika Anda memang memiliki gejala tetapi mendapatkan hasil negatif (dan menduga paparan tinggi terhadap orang COVID+), lakukan cadangan, sebaiknya dilakukan tes PCR.

Permintaan untuk pengujian COVID-19 telah meningkat secara tidak proporsional selama gelombang kedua dan bulan-bulan berikutnya ketika varian Delta menjadi ancaman yang dominan. 

Meskipun kita berbicara tentang tes ini yang sedikit kurang sensitif daripada tes molekuler, tes ini mungkin masih dapat diandalkan dan mendeteksi infeksi dengan benar jika gejala Anda atau seseorang di sekitar Anda mencurigai gejala terkait COVID. Dengan varian Delta diketahui menyebabkan gejala yang cukup dini dan ekstrem.

Namun, harus diingat bahwa untuk mengurutkan varian Delta dengan tepat, diperlukan pengujian genom - yang hanya dapat dilakukan melalui laboratorium diagnostik yang tepat.

Apa yang harus diketahui jika menggunakannya

Meskipun demikian, jika Anda berencana untuk menggunakan tes ini atau menyimpan tes antigen di rumah, ingatlah bahwa meskipun ada kemungkinan positif dan negatif palsu, tes tersebut dapat diandalkan, selama Anda melakukannya dengan benar. 

Baca instruksi atau manual dengan benar, dan ikuti semua langkah untuk meminimalkan kemungkinan mendapatkan hasil yang salah.

Sama seperti tes lainnya, tes antigen juga dapat menyebabkan hasil yang salah atau kurang akurat jika dilakukan pada waktu yang salah - tes yang diberikan terlalu dini, atau terlalu terlambat, dapat memberikan hasil yang salah. Jika Anda menemukan negatif, bahkan dengan tingkat keparahan gejala yang menyatakan sebaliknya, ingatlah untuk melakukan tes lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya