Bahayakah Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil
Sumber :
  • clevelandclinic

VIVA – Minuman berkarbonasi atau bersoda menjadi salah satu yang digemari di kalangan masyarakat. Rasanya yang segar ketika dikonsumsi, terutama di siang hari, buat minuman ini begitu banyak dicari.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Namun, bagi masyarakat yang memiliki masalah lambung perlu berhati-hati dalam mengosumsi minuman berkarbonasi. Spesialis gizi klinik, dr Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, AIFO-K dalam program Hidup Sehat TvOne, Kamis 2 September 2021 menjelaskan, minuman bersoda dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Sehingga bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada lambung sehingga meningkatkan risiko gejala Gerd.

Dijelaskan Feni, Gerd adalah gastroesophageal reflux disease. Reflux membuat asam lambung naik ke atas yang biasanya ditandai dengan gejala mulai dari heartburn atau sensasi terbakar di dada.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

"Ketika asam lambungnya naik, masuk ke mulut biasanya ada rasa asam di mulut, mulutnya pahit, kemudian ada radang, nyeri dada, kemudian terkadang gejala gerd ini menimbulkan rasa tidak nyaman di perut usai mengonsumsi soda seperti kembung, mual, ketika mengiritasi di kerongkongan menyebabkan nyeri," kata Feni.

Tidak hanya itu, ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda. Hal ini lantaran kata Feni ibu hamil biasanya memiliki risiko gerd atau peningkatan di asam lambung.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Karena (risiko ibu) hamil lebih tinggi, maka minum soda pasti tidak nyaman untuk di lambung. Karena ketika minum soda tekanannya semakin meningkat jadi risiko reflux asam di lambung semakin tinggi," kata dia.

Selain itu, soda termasuk ke dalam minuman manis yang mengandung gula dan kalori tinggi, sehingga konsumsi soda secara berlebihan dapat menyebabkan berat badan naik. Kenaikan berat badan berlebih saat hamil tidak bisa disepelekan karena dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami diabetes gestasional.

Selain diabetes gestasional, kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, tekanan darah tinggi, persalinan prematur, serta kelebihan berat badan pada bayi.

"Gak boleh berlebihan karena meningkatkan berat badan karena kalau peningkatan terlalu besar pada ibu hamil tidak baik bagi ibu hamil," kata dia.

Meski begitu, Feni menjelaskan, ibu hamil bisa mengonsumsi minuman bersoda. Namun dibatasi jumlah konsumsinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya