Kiwi dan Tape Ketan, Sarapan Sehat Rekomendasi Zaidul Akbar

Buah Kiwi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berbagai pilihan menu makanan untuk sarapan biasanya mengandung karbohidrat tinggi seperti bubur ayam hingga nasi uduk. Untuk itu, pendakwah Zaidul Akbar menyebut bahwa asupan saat pagi hari sebaiknya memilah menu yang tepat dengan bahan dasar yang mengandung probiotik seperti tape ketan.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Dipaparkan Zaidul Akbar yang juga sebagai praktisi medis itu, semakin diri memahami bahan makanan maka akan semakin sehat tubuh kita. Termasuk dengan bahan fermentasi yang mengandung probiotik dari tape ketan.

"Produk fermentasi yang menggunakan ragi seperti tape ketan ini, adalah probiotik, pro + biotik , artinya produk ini banyak berisi biotik-biotik atau ya sebutlah kuman kuman baik gitu, semakin banyak kuman baik nya dalam tubuh ya semakin sehat kita," tuturnya dalam akun instagram pribadinya, dikutip Kamis 2 September 2021.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Namun perlu difahami juga bahwa kuman baik tadi, kata Zaidul Akbar, juga perlu dikembangbiakan agar trus beranak pinak. Dengan begitu, di tubuh akan lebih banyak kuman baiknya daripada kuman jahatnya. Untuk itu, sumber probiotik dari tape ketan tadi harus digabung dengan sumber probiotik seperti buah kiwi atau kurma.

"Supaya biotik baik tadi berkembang terus maka berilah dia makan, makanannya namanya prebiotik, maka gambar diatas tersebut adalah probiotik yang diberi makan prebiotik yang berasal dari kiwi, atau kurma juga boleh, prinsipnya gitu," tuturnya.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Untuk jumlahnya, Zaidul Akbar menyebut tak perlu berlebihan dan sesuai porsi masing-masing orang. Akan lebih baik, dua menu sarapan tersebut ditemani oleh air putih hangat yang sudah dilarutkan sedikit garam himalaya.

Bagi yang punya maag, akan lebih baik mengonsumsi air hangat itu sebelum makan dua bahan pre dan probiotik tadi. Dianjurkan minum tiga tegukan air hangat campuran garam himalaya agar tak ada gangguan fungsi kerja lambung.

"Minum dengan 3x tegukan, setiap mulai minum baca basmallah, selesai alhamdulillah, lalu baca lagi basmallah dan alhamdulillah sampe 3x, setelah itu makan tapenya dikit dikit, kunyah perlahan2x setelah selesai makan kiwinya dikit2, kunyah perlahan, ini akan jd metode efektif utk memperbaiki pencernaan yg bermasalah, makan perlahan, kunyah yang lama, ya begitulah Rasulullah ? mengajarkan kpd umat nya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya