Deretan Manfaat Jahe, Turunkan Gula Darah Hingga Lawan Infeksi

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA – Jahe masuk ke dalam tanaman rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Di Indonesia, jahe relatif mudah ditemukan dan penggunaannya sudah meluas. Mulai dari untuk keperluan memasak, dibuat jamu, atau ramuan lain yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Jahe dapat digunakan dalam keadaan segar, kering, bubuk, atau diolah sebagai minyak atau jus. Berikut deretan manfaat jahe untuk kesehatan yang sudah didukung penelitian ilmiah, dilansir Healthline, Kamis 9 September 2021.

Membantu menurunkan berat badan

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Sebuah tinjauan literatur pada 2019 menyimpulkan bahwa suplementasi jahe secara signifikan dapat mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Sebuah studi pada 2016 terhadap 80 wanita dengan obesitas juga menemukan, jahe dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah yang tinggi diketahui berhubungan dengan obesitas. 

Turunkan gula darah

Jahe memiliki sifat anti diabetes yang kuat. Studi yang dilakukan pada 2015 terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa para peserta yang diberi 2 gram bubuk jahe per hari, terbukti menurunkan gula darah sebesar 12 persen. 

Menurunkan kadar kolesterol

Ilustrasi kolesterol tinggi

Photo :
  • U-Report

Kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Studi ini dilakukan terhadap 60 orang yang menderita hiperlipidemia pada 2018. Sebanyak 30 orang yang mengonsumsi 5 gram bubuk jahe setiap hari, kadar kolesterol LDL mereka turun 17,4 persen. 

Membantu melawan infeksi

Gingerol yang terkandung dalam jahe dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Faktanya, ekstrak jahe mampu menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Menurut studi pada 2008, jahe terbukti sangat efektif melawan bakteri di mulut yang terkait dengan gingivitis dan periodontitis, yang merupakan penyakit radang gusi. 

Selain manfaat yang sudah disebutkan, jahe juga dapat membantu mencegah kanker, meningkatkan fungsi otak dan melindungi dari penyakit Alzheimer, mengurangi nyeri haid, mengobati gangguan pencernaan kronis, membantu mengatasi osteoartritis dan mengatasi berbagai jenis mual terutama morning sickness

Di sisi lain, PT. Mayora Indah Tbk, meluncurkan permen Jae Jae. Permen ini mengandung ekstrak jahe, yang diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan konsumen Indonesia yang menyukai cita rasa jahe dan gemar mengonsumsi berbagai olahan berbahan jahe. 

Dikemas secara modern dan higienis, Jae Jae tersedia dalam ukuran blister berisi 8 pcs. Dengan rasa pedas jahe yang pas, permen ini sangat cocok untuk dikonsumsi dalam segala situasi dan kondisi, baik di rumah maupun di perjalanan. 

PT. Mayora Indah Tbk merupakan perusahaan dengan beragam merek terkenal baik di Indonesia, dengan distribusi produk eksport hingga 100 negara di seluruh dunia. Didirikan sejak 1977, Mayora masih eksis hingga saat ini dan terus berinovasi menghasilkan produk yang disukai masyarakat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya