Agar Perempuan Tak Depresi, Aisah Dahlan: Ayo Bicara

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Kat Jayne

VIVA – Tak sedikit masalah kesehatan mental yang dialami oleh perempuan di berbagai kalangan. Terlebih, pandemi COVID-19 membawa dampak yang berkaitan dengan stres hingga depresi pada kaum hawa. Bisakah dicegah?

Dokter Aisah Dahlan Bongkar Alasan Pria Malas Dengarkan Curhatan Wanita

Rupanya, pencegahannya sangat sederhana dan mudah. Dituturkan pendakwah sekaligus praktisi medis, dr Aisah Dahlan, para perempuan bisa menghindari masalah kesehatan mental melalui bicara. Hal itu pun menjadi landasan kampanye Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"WHO membuat kampanye mencanangkan perempuan supaya tidak depresi, apa kampanyenya? 'Lets talk, ayo bicara'," jelas Aisah Dahlan dalam kanal Youtube Pecinta Aisah Dahlan, Jumat 10 September 2021.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Disebutkan para ahli, perempuan dinilai lebih mudah depresi dibanding laki-laki. Bukan tanpa sebab, hormon yang diproduksi perempuan mengaitkan depresi dengan perubahan fase yang dialami perempuan. Sebab pada dasarnya, para perempuan mengalami tiga fase di hidupnya yakni (puber) menstruasi, melahirkan, dan menopause.

Ada pun gejala stres dan depresi dapat dikenali sejak dini mulai dari timbulnya jerawat yang biasanya jarang ada, hingga rambut rontok. Selain itu, waspadai juga tanda depresi saat merasa sulit tidur, tidak nafsu makan, sakit perut atau kepala berlebih, serta sulit konsentrasi.

Aisah Dahlan Ungkap Penyebab Anak Suka Berbohong

Untuk itu, Aisah Dahlan menyarankan agar depresi itu bisa dicegah melalui bicara dan mengungkapkan isi hati kepada sahabat terpercaya. Jika tak mampu mengutarakannya, segera mencari tenaga profesional agar tak memendam segala sesuatu yang berdampak pada stres dan depresi.

"Kalo bicara sama orang, kita cari sahabat yang amanah. Makanya kalau nggak ada juga, cari tenaga profesional untuk mendengarkan. Dengerin aja karena buat perempuan, ngomong itu sama aja dia menasehati dirinya," imbuhnya.

Ilustrasi bullying.

Aisah Dahlan Ungkap Fakta, Mengapa Anak Broken Home Suka Terlibat Masalah di Pergaulannya

Perceraian orang tua ternyata bisa berdampak pada kondisi psikologis anak-anak. Tak sedikit anak korban perceraian alami masalah saat berhubungan di lingkungan sosial

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024