7 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi rambut beruban.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Tumbuh uban di rambut merupakan hal yang umum terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Namun, tak jarang uban juga muncul pada orang yang masih terbilang muda. Lantas, apa penyebab munculnya uban dan bagaimana cara mengatasinya?

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Identik dengan pertambahan usia, uban sebenarnya bisa tumbuh di rambut siapapun di usia berapapun, bahkan di rambut remaja yang masih bersekolah. Akan tetapi, jumlahnya tentu tidak sebanyak orang tua.

Tubuh memiliki folikel rambut, yakni kantong kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut memiliki sel pigmen yang disebut dengan melanin. Sel-sel ini memberi warna pada rambut kamu. Seiring berjalannya waktu, folikel rambut bisa kehilangan pigmennya. Hasilnya, rambut menjadi berwarna putih.

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Meski demikian, ada juga penyebab lainnya mengapa rambut bisa memutih di usia muda. Dikutip dari laman Healthline dan Medical New Today, Kamis, 23 September 2021, berikut ini penyebab munculnya uban dan cara mengatasinya atau mencegahnya.

Penyebab munculnya uban dan cara mengatasinya

Tumbuhnya Uban di Usia Muda, Apa Sebabnya?

Penyebab munculnya uban

1. Genetik

Salah satu penyebab paling umum mengapa kamu memiliki uban di usia yang masih muda adalah karena faktor genetik. Jika kamu menyadari hal ini, kemungkinan orang tua atau kakek dan nenek kamu juga mengalami hal yang serupa semasa mudanya.

Jika disebabkan oleh faktor ini, tentu kamu tidak bisa mengubahnya. Akan tetapi, kamu selalu memiliki opsi untuk mewarnai rambutmu agar uban bisa tertutup.

2. Stres

Semua orang tentunya pernah mengalami stres dari waktu ke waktu. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa terdapat hubungan antara stres dengan penipisan sel induk di folikel rambut. Jadi, apabila kamu merasa terdapat peningkatan jumlah helai rambut putih, stres kemungkinan adalah penyebabnya.

Selain menyebabkan tumbuhnya uban, stres biasanya juga menyebabkan masalah lainnya, seperti gangguan tidur, kecemasan, perubahan pada nafsu makan, dan tekanan darah tinggi.

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan rambut putih prematur di usia muda. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Dalam kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan pigmennya menghilang.

4. Penyakit tiroid

Perubahan hormonal yang disebabkan oleh penyakit tiroid, seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme juga merupakan kemungkinan lainnya mengapa uban tumbuh di usia muda. Tiroid sendiri merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher.

Kelenjar ini berfungsi untuk membantu mengontrol banyak fungsi tubuh, seperti metabolisme. Nah, kesehatan tiroid dapat memengaruhi warna rambut seseorang. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

5. Kekurangan vitamin B-12

Penyebab munculnya uban di usia dini juga bisa mengindikasikan kamu kekurangan vitamin B-12. Vitamin ini memiliki peran penting dalam tubuh kamu, seperti memberikan energi dan berkontribusi pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat.

Kekurangan vitamin B-12 dikaitkan dengan kondisi yang disebut anemia pernisiosa, yakni ketika tubuh kamu tidak dapat menyerap cukup vitamin ini. Tubuh membutuhkan vitamin B-12 untuk sel darah merah yang sehat. Kekurangan vitamin ini bisa melemahkan sel rambut dan memengaruhi produksi melanin.

6. Merokok

Merokok ternyata juga berhubungan dengan tumbuhnya uban, lho. Sebuah studi terhadap 107 subjek menemukan hubungan antara pertumbuhan uban sebelum usia 30 tahun dan merokok. Seperti diketahui, merokok memang meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Namun, efek jangka panjangnya juga bisa memengaruhi rambut. Hal ini dikarenakan merokok akan menyempitkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke folikel rambut menjadi berkurang.

7. Produk rambut dan pewarna rambut

Pewarna rambut kimia dan produk rambut, bahkan sampo, bisa menyebabkan rambut beruban dini. Sebab, banyak dari produk-produk tersebut yang mengandung bahan berbahaya yang bisa mengurangi melanin.

Hidrogen peroksida, yang ditemukan dalam banyak pewarna rambut, merupakan salah satu bahan kimia yang berbahaya tersebut. Penggunaan produk pemutih rambut berlebihan (bleaching) juga bisa menyebabkan uban tumbuh di usia muda.

Cara mengatasi atau mencegah munculnya uban

1. Konsumsi lebih banyak antioksidan

Setelah mengetahui penyebab munculnya uban, ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mencegahnya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung antioksidan.

Pola makan yang sehat berperan penting untuk mencegah pertumbuhan uban. Makanan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mengurangi stres. Sejumlah makanan tersebut meliputi ikan, minyak zaitun, teh hijau, sayur, dan buah.

2. Konsumsi lebih banyak vitamin

Apabila uban muncul karena kekurangan vitamin, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut. Sebagai contoh, makanan laut, telur, dan daging merupakan sumber vitamin B-12 yang baik.

Sementara itu, susu, salmon, dan keju merupakan sumber vitamin D yang baik. Suplemen vitamin yang banyak dijual bebas juga bisa membantu mencegah agar uban tidak cepat tumbuh.

3. Berhenti merokok

Merokok tak hanya memiliki efek buruk pada tubuh, tetapi juga bisa menyebabkan rambut memutih. Bahkan, penelitian mengungkapkan adanya hubungan antara kebiasaan merokok dengan hilangnya pigmentasi rambut.

Itulah penyebab munculnya uban di usia muda dan cara mengatasinya yang harus kamu ketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya