Jangan Percaya! 5 Mitos Menyesatkan Terkait Diabetes

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada beberapa mitos yang berkembang seputar diabetes yang dapat memengaruhi kadar gula darah seseorang. Ahli gizi, Lovneet Batra, membongkar beberapa mitos terkait diabetes melalui sebuah video di Instagram.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Beberapa cara diyakini dapat mengontrol gula darah para penderita diabetes. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar. Berikut beberapa mitos yang tidak boleh dipercaya terkait diabetes, dilansir NDTV, Rabu 6 Oktober 2021.

Penderita diabetes dilarang makan karbohidrat
Banyak orang yang meyakini bahwa penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Hal itu dibantah oleh Lovneet Batra.

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

"Karbohidrat bukanlah musuh Anda. Bukan karbohidrat, tapi jenis karbohidrat dan jumlah karbohidrat yang Anda makan dan ini penting untuk dipertimbangkan penderita diabetes," kata dia.

Menurut dia, yang harus dihindari adalah makanan tinggi karbohidrat, terutama yang olahan seperti pasta, roti putih, sereal dan masih banyak lagi.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Penderita diabetes bebas mengonsumsi lemak
Lemak menjadi bagian penting dari diet yang dijalani, tetapi harus memilih lemak yang sehat. Menurut ahli gizi, mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan risiko serangan jantung serta stroke.

Ilustrasi Diabetes

Photo :
  • U-Report

Memilih pemanis buatan adalah pilihan yang lebih aman
Banyak pemanis buatan di pasaran yang ditujukan untuk penderita diabetes. Tetapi kenyataannya, pemanis buatan dapat memperburuk resistensi insulin.

"Label bebas gula tidak membuatnya lebih baik dan mungkin masih mengandung banyak bahan yang tidak diinginkan, termasuk bahan kimia berbahaya," kata Batra.

Pasien diabetes yang sudah minum obat, bebas makan yang manis-manis
"Minum obat diabetes bukan tiket untuk makan makanan manis yang diinginkan," tegas Batra.

Penting bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi bersama dengan obat-obatan. Ini akan membantu mengendalikan kadar gula darah serta dapat membantu mengendalikan risiko komplikasi terkait diabetes.

Buah-buahan buruk bagi penderita diabetest
Karena buah-buahan sarat dengan gula alami, penderita diabetes percaya bahwa mereka tidak bisa makan buah. Padahal, buah sarat dengan nutrisi penting dan dan dapat dikonsumsi dengan aman dalam jumlah sedang.

Cobalah konsumsi buah dalam keadaan utuh bukan dijus dan pilih yang tidak terlalu matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya