4 Manfaat Madu dan Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi madu.
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA – Madu sudah mahsyur dan diketahui banyak orang tentang manfaatnya. Secara umum madu mengandung tinggi nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula dan antioksidan berupa fenol dan flavonoid. 

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Selain itu Indonesia juga dikenal kaya akan tumbuhan obat. Salah satunya adalah Akar Bajakah. Tumbuhan ini  hidup di tanah gambut di pedalaman hutan Kalimantan. Batang pohon bajakah yang terpotong meneteskan air berwarna bening. Air tersebut berkhasiat untuk kesehatan.

Dilansir dari madubajakahborneo, Madu bajakah merupakan kombinasi madu dan akar bajakah serta herbal lainnya. Minuman ini bermanfaat dan sebagai pengobatan alam atau herbal. Inovasi Akar Bajakah dalam formulasi Madu disebut memeliki reaksi lebih cepat dan sudah membantu banyak orang untuk menuntaskan beragam keluhan kesehatan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berikut adalah beberapa khasiat dan kegunaan dari Madu Bajakah.

1.  Meningkatkan imunitas tubuh

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sistem imun tubuh.

Photo :
  • U-Report

Madu bajakah dengan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula dan antioksidan berupa fenol dan flavonoid dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh. Dan tentunya saat ini ketika COVID-19 masih terus terjadi, mengkonsumsi madu bajakah dapat meningkatkan imun tubuh dan meminimalisir terkena COVID-19.

2. Membantu melawan sel tumor atau kanker

Ilustrasi sel kanker menyerap glukosa dari aliran darah

Photo :
  • U-Report

Dikutip dari akun Instagram @wisnumart_id, Akar Bajakah dalam formulasi Madu dengan reaksi lebih cepat dan sudah membantu banyak orang untuk mengatasi keluhan beberapa penyakit. Diantaranya untuk melawan sel tumor dan juga kanker.

Ilustrasi awet muda.

Photo :
  • U-Report

Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb): Mengandung phenol dan antibacterial, dengan ekstraknya mengandung tinggi katekin untuk mencegah penyakit jantung. Seperti diketahui, akar bajakah merupakan tanaman langka yang berasal dari hutan pedalaman Kalimantan sebagai resep pengobatan kuno suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit kronis sejak ratusan tahun silam.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Ilustrasi luka

Photo :
  • Pixabay

Kayu bajakah disebut dapat mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan perdarahan pada luka. Hal ini karena senyawa saponin dan tannin yang terkandung dalam kayu bajakah diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Hal ini tentu akan mendukung proses penyembuhan luka. Keempat hal ini juga terdapat dalam Madu Bajakah Borneo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya