Diabetes Diabaikan Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi

Ilustrasi pria.
Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Diabetes disebabkan adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Apabila tidak segera ditangani secara serius oleh profesional, penyakit diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang cukup berbahaya dan mengancam kesehatan.

"Memang diabetes tidak bikin gejala apa-apa diabetesnya saja. Tetapi komplikasinya yang bikin gejala, komplikasinya ini bisa ke semua organ jantung, mata, kulit, ginjal, kaki, saraf semua kena," kata Spesialis Penyakit Dalam DR. dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 21 Oktober 2021.

Lebih lanjut, jika diabetes yang diabaikan dapat menimbulkan luka yang sulit untuk diobati. Hal ini lantaran adanya komplikasi di pembuluh darah.

Ilustrasi tes diabetes.
Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi tes diabetes.

"Lukanya bukan karena gulanya tinggi terus dia timbul luka, tapi misalnya kesandung ada luka susah sembuh. karena komplikasi pada diabetes di pembuluh darah, kualitas pembuluh darah jadi gak bagus, aliran kemana-mana enggak bagus, kalau lukanya di ujung bawah sana dari jantung ke sana kan jauh, darah diedarkan dari jantung kalau ke situ gak sampai lukanya tidak sembuh-sembuh. Supaya sembuh, darah ke situ harus bagus," jelas dia.

Selain itu, diabetes juga diketahui dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi pada seorang pengidap diabetes terjadi karena adanya perubahan pada tubuh yang menyebabkan gangguan pada saraf dan pembuluh darah. Tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak fungsi alami pembuluh darah, sehingga seseorang tidak dapat ereksi dengan maksimal.