Berpotensi Sebabkan Kanker, 2 Obat Hipertensi Ditarik dari Pasaran

Ilustrasi vitamin/obat.
Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Perusahaan Lupin Pharmaceuticals secara sukarela menarik dua produk obatnya, yaitu irbesartan dan hidroklorotiazid. Keduanya biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, bahkan irbesartan juga telah diresepkan di Inggris.

Lupin Pharmaceuticals menemukan, sejumlah tablet tersebut melebihi batas spesifikasi sebagai zat yang berpotensi menyebabkan kanker. Zat bermasalah tersebut bernama N-nitrosoirbesartan. Demikian dilansir dari laman Express.co.uk, Kamis, 21 Oktober 2021.

Hal ini diketahui setelah dilakukan tes pada batch yang mengindikasikan kemungkinan kontaminasi dengan zat penyebab kanker. Penarikan dua obat tersebut bahkan telah diumumkan di situs Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Selain digunakan untuk mengobati hipertensi, irbesartan dan hidroklorotiazid juga digunakan untuk mengobati nefropati diabetik pada pasien hipertensi dengan diabetes tipe 2, yang telah didistribusikan secara nasional di Amerika Serikat.

Saat ini, Lupin Pharmaceuticals telah memberi tahu para pedagang grosir, distributor, pengecer dan supermarket tentang pengaturan pengembalian obat yang akan ditarik.

Ilustrasi vitamin/obat.
Photo :
  • Freepik/freepik

Ilustrasi vitamin/obat.

Ini merupakan kasus penarikan kedua terkait obat ini, di mana yang pertama terjadi di Inggris pada awal Agustus 2021. Badan Pengawas Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) melakukan penarikan kembali sebanyak 25 batch obat yang mengandung irbesartan.