Sebabkan Kebutaan, Mata Merah Bisa Menandakan Gula Darah Tinggi

Ilustrasi mata sakit atau merah
Ilustrasi mata sakit atau merah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang serius dan rumit. Ada dua jenis diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Namun, yang umum diderita banyak orang adalah diabetes tipe 2, karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sementara diabetes tipe 1, disebabkan karena faktor keturunan.

Sederhananya, diabetes adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki terlalu banyak gula dalam darahnya, sehingga harus berjuang untuk mengatur kadar gula darahnya agar tetap normal.

Namun, gula darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi parah, termasuk kehilangan penglihatan. Apakah kamu tahu, kapan harus menemui dokter tentang kondisi mata terkait diabetes?

Dilansir dari Express, Minggu, 24 Oktober 2021, untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, kamu harus menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan rendah gula dan berusaha mempertahankan berat badan yang sehat.

Jika gagal mengelola diabetes, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, termasuk kebutaan. Mata merah merupakan salah satu tanda peringatan bahwa gula darah seseorang tinggi dan dapat mengancam penglihatan.

Jika seseorang menderita gula darah tinggi atau hipoglikemia, hal ini dapat memengaruhi matanya. Ini karena gula darah tinggi memengaruhi pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat memengaruhi pembuluh di bagian belakang mata.

Ilustrasi Mata
Photo :
  • pixabay

Ilustrasi Mata