Tanya Dokter: Waspada! Kebiasaan yang Picu Kerusakan Ginjal

Gagal ginjal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tahukah Anda, bahwa ginjal memiliki peran penting dalam tubuh kita. Yuk kita kenali kebiasaan-kebiasaan apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal kita.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Menjadi penting untuk kita selalu kesehatan ginjal. Organ tersebut harus selalu terjaga, karena kerusakan ginjal bisa menjadi pemicu munculnya penyakit-penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes, kolesterol dan berbagai macam banyak lagi penyakit.

Selain itu ada beberapa faktor dan kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan dan menyebabkan kerusakan pada ginjal seperti kurangnya minum air putih, merokok, makan makanan yang berlemak, menahan buang air kecil dan masih banyak lagi.

Libur Lebaran, Waspada Dampak Negatif Game Online Berbahaya pada Anak!

Dalam konten 'Tanya Dokter' di kanal YouTube VDVC Health, akan lengkap membahas seputar penyakit ginjal termasuk cara merawat kesehatan ginjal, yang akan di jelaskan langsung oleh Prof. dr. Harrina E. Rahardjo, SpU(K), PhD seperti penjelasan berikut ini:

Bagaimana kita menjaga kesehatan ginjal:
Pertama dan yang paling mudah dilakukan adalah memastikan bahwa kita minum atau memasukkan jumlah cairan yang diimpor ke dalam tubuh kita yaitu 2 liter sehari atau 8 gelas air minum. Selain itu kita perlu melakukan pencegahan untuk mencegah penyakit-penyakit yang bisa menimbulkan gangguan pada fungsi ginjal.

Pemicu Tabrakan Maut Bus Pahala Kencana Vs Truk di Tol Tembalang yang Tewaskan 2 Orang

Ilustrasi ginjal.

Photo :
  • Freepik/pch.vector

Kita harus hidup sehat memakan makanan-makanan yang sehat melakukan aktivitas fisik yang baik. Kemudian juga kita harus menjaga agar kantung kemih atau saluran kemih kita tidak terkena infeksi atau batu saluran kemih dengan cukup dan tidak menahan kencing.

Cara mencegah gangguan fungsi ginjal:
Minumlah yang cukup sepertinya kadang-kadang kalau kita banyak pekerja di ruangan ber-ac yang tertusuk tidak banyak aktivitas kadang-kadang suka lupa minum tetapi usahakanlah dalam sehari itu minum cukup 2 liter sehari.

Kemudian juga untuk pencegahannya adalah dari juga makan makanan yang terlalu banyak garam garam tinggi gula dan mencegah agar berat badan tidak terlalu berlebihan karena batu saluran kemih itu banyak dihubungkan dengan darah tinggi diabetes kemudian juga dengan obesitas itu yang kita bisa lakukan untuk mencegah.

Faktor-faktor pemicu penyakit ginjal:
Faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi kerusakan pembuluh darah seperti makan makanan yang terlalu berlemak, makan-makanan kemasan yang diawetkan kemudian merokok, juga bisa dihindari untuk menghindari kerusakan pada pembuluh darah sehingga bisa menghindarkan kita terhadap gangguan fungsi ginjal.

Walaupun ginjal kita ada 2 diberikan anugerah 2 ginjal, tetapi apabila ginjal kita terpaksa untuk diangkat atau ginjal kita memang dari lahir ginjal kita hanya satu itu sebenarnya cukup untuk menunjang fungsi ginjalnya yang 2 yaitu membuang zat-zat toksik, asal ginjal kita yang satu itu adalah ginjal yang sehat dan dijaga kesehatannya.

Untuk perbincangan Tanya Dokter edisi ‘Waspada! Kebiasaan yang Picu Kerusakan Ginjal’ dapat disimak dalam video konten dalam kanal VDVC Health seperti di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya