WHO dan Pakar AS Sebut Varian COVID-19 Omicron Tak Berbahaya

Virus Omicron
Virus Omicron
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dalam sebuah pernyataan, baik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pakar medis Dr Fauci mengatakan bahwa varian baru COVID-19 yakni Omicron memang sangat menular. Tapi, terbukti varian tersebut tak menimbulkan bahaya berlebih pada manusia.

Saat ini dunia sudah mengenal tentang COVID-19 selama dua tahun terakhir. Tak dipungkiri ada banyak kekhawatiran tentang varian khusus ini di banyak negara. Tetapi mengapa otoritas kesehatan begitu khawatir? Apakah varian baru lebih berbahaya daripada strain sebelumnya yang dikenal dunia? Berikut faktanya dikutip dari The Health Site.

"Ketika kekhawatiran meningkat dari menit ke menit, lebih banyak informasi muncul tentang jenis menular. Laporan menunjukkan bahwa ada lonjakan rawat inap di Afrika Selatan, situasinya "tidak mengkhawatirkan," kata Presiden Cyril Ramaphosa.

Varian Omicron tak berbahaya

Menurut Anthony Fauci, pakar penyakit menular top Amerika Serikat, bukti awal varian Omicron COVID-19 "sedikit menggembirakan". Sebab, varian itu terlihat tidak menunjukkan tingkat bahaya yang tinggi. 

"Meskipun terlalu dini untuk membuat pernyataan definitif tentang itu. Tampaknya tidak terlalu parah," kata Fauci.

Gejala ringan