WHO: Omicron Bukan Flu Biasa, Jangan Dianggap Enteng

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA –  Varian Omicron telah dikaitkan dengan infeksi ringan, yang mengakibatkan sejumlah gejala yang mirip dengan flu biasa. Sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, merasa lelah dan sering bersin mungkin terasa seperti pilek atau flu biasa.

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Namun, di tengah laporan bahwa Omicron memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu memperingatkan bahwa itu bukan flu biasa dan tidak boleh dianggap enteng.

Empat gejala paling umum dari varian Omicron adalah batuk, kelelahan, hidung tersumbat dan pilek, menurut analisis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Sebuah studi baru-baru ini oleh aplikasi Zoe Covid yang berbasis di Inggris menambahkan mual dan kehilangan nafsu makan ke dalam kategori tersebut.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Beberapa penelitian dari Afrika Selatan, AS dan Inggris telah menunjukkan bahwa infeksi yang disebabkan oleh varian yang sangat menular umumnya ringan, dengan rawat inap yang lebih sedikit.

Ilustrasi sampel pasien varian Omicron

Photo :
  • Times of India
WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

"Omicron bukan flu biasa," kata ahli epidemiologi WHO Dr Maria Van Kerkhove dalam sebuah tweet yang dikutip dari Times of India.

"Sementara beberapa laporan menunjukkan penurunan risiko rawat inap Omicron dibandingkan dengan Delta, masih terlalu banyak orang yang terinfeksi, di rumah sakit sakit dan meninggal karena Omicron (dan Delta)," tambahnya.

Inggris dilaporkan telah melihat sekitar 14 kematian karena varian Omicron, sementara AS dan Korea Selatan masing-masing telah melihat satu kematian. Kematian terjadi terutama pada orang yang tidak divaksinasi.

"Omicron bukan flu biasa! Sistem kesehatan bisa kewalahan," tegas kepala ilmuwan WHO Dr Soumya Swaminathan di Twitter.

“Penting untuk memiliki sistem untuk menguji, memberi saran, dan memantau sejumlah besar pasien karena lonjakannya bisa tiba-tiba dan besar,” dia memperingatkan.

Kerkhove menyatakan bahwa "kita dapat mencegah infeksi, menyelamatkan nyawa sekarang" dengan memastikan kesetaraan vaksin.

Ilustrasi vaksin COVID-19

Photo :
  • ANTARA FOTO

Sementara itu, WHO pada Selasa juga menyatakan bahwa bukti yang muncul mengungkapkan bahwa Omicron mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan gejala yang lebih ringan daripada varian sebelumnya.

"Kami melihat semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa Omicron menginfeksi bagian atas tubuh. Tidak seperti yang lain, itu dapat menyebabkan pneumonia parah," Manajer Insiden WHO Abdi Mahamud mengatakan kepada wartawan yang berbasis di Jenewa.

Pada saat yang sama, badan kesehatan global itu memperingatkan bahwa melonjaknya infeksi akibat Omicron di seluruh dunia dapat menyebabkan munculnya varian baru, kata laporan media. Semakin banyak varian yang menyebar, semakin bisa mereplikasi dan mengeluarkan varian baru yang bisa lebih mematikan.

Prancis telah mendeteksi varian baru, bernama IHU. Varian baru, dengan 46 mutasi, telah menginfeksi 12 orang, baik yang divaksinasi maupun yang tidak divaksinasi. 

Meskipun mungkin menimbulkan risiko lebih besar daripada Omicron, disebut-sebut sangat menular tetapi ringan dalam infeksi dan kurang mematikan daripada varian Delta sebelumnya, kata para peneliti, "terlalu dini untuk berspekulasi tentang fitur virologi, epidemiologi atau klinis dari varian IHU ini berdasarkan (hanya) 12 kasus."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya