Cuaca Dingin Bikin Tekanan Darah Melonjak, Begini Turunkannya

Ilustrasi pakaian musim dingin.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Cuaca dingin dapat memengaruhi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi ini dapat semakin meningkatkan risiko serangan jantung dan masalah jantung lainnya.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Cuaca dingin diketahui dapat mempersempit pembuluh darah dan arteri. Karena dibutuhkan lebih banyak kekuatan untuk mengangkut darah ke berbagai bagian tubuh. Akibatnya, tekanan darah jadi meningkat.

Tekanan darah juga dapat terpengaruh karena perubahan cuaca yang tiba-tiba, seperti tingkat kelembapan, tekanan atmosfer, awan atau angin. Namun, kondisi tekanan darah tinggi terkait cuaca dingin, lebih sering terjadi pada orang-orang di atas usia 65 tahun.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain itu, kenaikan berat badan di musim dingin akibat kurang beraktivitas fisik juga dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Jadi selama musim dingin jika melihat adanya perubahan pada tekanan darah, segera hubungi dokter.

ilustrasi hawa dingin

Photo :
  • Pixabay/jesicajaew
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Berikut beberapa cara lain untuk mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal, dilansir Times of India, Jumat 7 Januari 2022.

Hindari kafein dan alkohol

Minum terlalu banyak alkohol selama musim dingin dapat membuat tubuh kehilangan panas dengan cepat. Ini menyebabkan pembuluh darah menyempit dan tekanan darah menjadi meningkat. Apalagi jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, sangat penting untuk membatasi asupah kafein dan alkohol.

Kenakan pakaian berlapis

Alih-alih menggunakan jaket tebal, cobalah untuk mengenakan pakaian berlapis. Cara ini dapat menjebak panas dan membuat kamu merasa hangat. Sementara jika hanya mengenakan satu jaket tebal, tubuh mudah kehilangan panas sehingga mudah dingin dan akhirnya meningkatkan tekanan darah. 

Makan buah dan sayuran

Ilustrasi buah-buahan.

Photo :
  • Freepik/Valeria_aksakova

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat menjaga tekanan darah tetap terkendali. Jika sudah punya masalah hipertensi, makan lebih banyak sayur, buah, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan dan biji-bijian dalam jumlah sedang, dapat membantu. 

Berolahraga dalam jumlah sedang

Penderita hipertensi disarankan untuk berolahraga dalam jumlah sedang. Olahraga dengan intensitas tinggi, dapat mengerahkan tubuh lebih dari yang diperlukan dan dapat menambah masalah tanpa sebab pasti. 

Batasi aktivitas luar ruangan

Jika sudah menderita masalah hipertensi, batasi aktivitas di luar ruangan saat suhu turun. Perubahan suhu yang mendadak dapat menyebabkan tekanan darah jadi melonjak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya