15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Bisa Pakai Gula Pasir?

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Cara menghilangkan bekas jerawat memang menjadi yang paling banyak dicari oleh oleh kaum wanita. Hal itu dikarenakan biasanya wanita menginginkan kulitnya tetap terlihat bersih sehat dan mulus tanpa adanya jerawat. Sehingga jika ada jerawat yang timbul maka mereka akan mencari cara menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat di wajah mereka tersebut. Meskipun bekas jerawatnya bisa hilang dengan sendirinya, namun ternyata ada juga bekas jerawat yang tidak bisa hilang jika tidak dirawat dengan baik. 

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan kulit wajah yang berjerawat memang sering dialami oleh sejumlah orang. Bahkan tak hanya pada kulit wajah wanita saja, tapi juga kulit wajah para laki-laki. Jerawat biasanya akan memiliki bekas di kulit wajah. Ternyata bekas jerawat bisa dihilangkan dengan sejumlah cara lho! Selain dengan produk-produk skincare penghilang jerawat, bisa juga dilakukan dengan cara lainnya adalah dengan cara alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat di kulit wajah yang sudah dikumpulkan oleh Viva. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

1. Menggunakan Vitamin C

Vitamin C

Photo :
  • Times of India
 

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam bisa dilakukan dengan menggunakan vitamin C. Diketahui kandungan vitamin C akan membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sehingga bekas jerawat hitam yang ada di kulit wajah bisa dihilangkan. Kandungan vitamin C telah terbukti efektif untuk mengatasi penyebab hiperpigmentasi pada kulit. Maka dari itu kamu bisa mencoba menggunakan perawatan kulit yang mengandung vitamin c untuk mengatasi bekas jerawat yang hitam. 

2. Menggunakan Aloe Vera

aloe vera juice

Photo :
  • www.timesofindia.indiatimes.com

Selanjutnya ada aloe vera yang juga bagus sebagai bahan yang dapat memudarkan bekas jerawat hitam di wajah. Aloe vera dikenal menjadi kandungan favorit pada wajah karena menenangkan kulit dan juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Dengan penggunaan aloe vera secara rutin, produksi melanin pada sel kulit bisa meningkat.

3. Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya adalah dengan penggunaan tabir surya. Hal tersebut dikarenakan bintik hitam pada wajah yang disebabkan oleh jerawat diketahui bisa diobati dengan tabir surya. Pemakaian tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tapi juga untuk membantu memudarkan bekas jerawat setidaknya dengan memakai tabir surya yang memiliki SPF 30 dan dipakai setiap hari. 

4. Menggunakan Minyak Kelapa 

Ilustrasi Minyak kelapa Murni

Photo :
  • U-Report

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam pada wajah. Diketahui berbagai permasalahan dan kondisi kulit dapat diatasi dengan minyak kelapa. Hal itu karena minyak kelapa mengandung antibakteri dan anti-inflamasi. Sehingga apabila dikombinasikan dengan kandungan lainnya seperti vitamin A dan K dan  antioksidan, kulit yang terapat bekas jerawat hitam dapat terobati dan kulit dapat ternutrisi. 

5. Menggunakan Baking Soda 

Baking Soda

Photo :
  • U-Report

Bekas jerawat yang hitam di wajah juga bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda. Diketahui baking soda dapat membantu membersihkan bintik hitam pada wajah karena merupakan eksfoliator efektif yang bisa membantu kulit tetap terhidrasi dan membantu mencerahkan. Keseimbangan tingkat keasaman kulit (pH) yang bisa mencegah jerawat juga bisa terjaga dengan baking soda. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Bahan Alami

1. Menggunakan Gula Pasir

Cara menyimpan gula pasir.

Photo :
  • U-Report

Salah satu caranya yakni dengan menggunakan bahan alami gula pasir. Kandungan asam glikolat dan asam alfa hidroksi pada gula dapat membersihkan kulit mati dan membantu meningkatkan pembentukan jaringan sel kulit yang baru. Cukup campurkan gula pasir dengan minyak zaitun dan aplikasikan pada wajah. Kamu dapat melakukannya dua kali sehari untuk memudarkan bekas jerawat. 

2. Menggunakan Es Batu

Ilustrasi es batu untuk kecantikan.

Photo :
  • U-Report

Ada yang sudah tahu bahwa es batu ternyata bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat? Es batu menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat karena sifat dinginnya yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan mengecilkan pori-pori. Caranya kamu hanya perlu mengoleskan es batu pada area yang terdapat bekas jerawat. 

3. Menggunakan Tomat

Tomat

Photo :
  • Pixabay

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan tomat. Seperti yang diketahui tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti menghilangkan bekas jerawat. Caranya hanya dengan menempelkan irisan tomat ke area bekas jerawat selama 10-15 menit. 

4. Menggunakan Air Kelapa

Air kelapa.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa dilakukan dengan bahan alami yakni air kelapa. Diketahui air kelapa memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat di wajah hanya dengan mencuci wajah dengan menggunakan air kelapa dua kali sehari. 

5. Menggunakan Ampas Teh 

Ampas teh.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya ada ampas teh sebagai bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Diketahui ampas teh mengandung antioksidan yang mampu memperbaiki kulit dan memudarkan bekas jerawat di wajah. 

6. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel.

Photo :
  • U-Report

Bahan alami lainnya yang dapat kamu gunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat adalah cuka apel. Bahan ini cukup banyak dicoba oleh orang-orang karena diketahui mengandung berbagai nutrisi sehingga dapat membersihkan bekas jerawat yang ada pada wajah. Noda bekas jerawat akan meghilang dengan pemakaian yang rutin, caranya hanya dengan mencampurkan 2-3 sdm cuka apel dengan sedikit air dan oleskan pada area yang terapat bekas jerawat. Diamkan semalaman dan bilas.

7. Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Khasiat yang dimiliki oleh minyak zaitun untuk kecantikan tidak perlu diragukan lagi, semua orang tentu sudah mengetahuinya. Noda bekas jerawat dapat memudar dengan minyak zaitun caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit wajah dan pijat dengan perlahan. Lakukanlah setiap hari agar bekas jerawat dapat cepat hilang.

8. Putih Telur dan Madu

Ilustrasi masker putih telur dan madu.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan putih telur dan campuran madu. Kedua bahan ini diketahui mampu membantu untuk membuat kulit wajah menjadi lebih mulus dan kencang. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan campurkan putih telur dan madu lalu oleskan pada area yang terdapat bekas jerawat.

9. Lidah Buaya

Ramuan lidah buaya

Photo :
  • U-Report

Lidah buaya memang sudah tak asing lagi dalam dunia perawatan kulit. Khasiat yang dimilikinya memang sudah terbukti dan banyak digunakan untuk merawat kulit. Salah satunya seperti untuk menghilangkan bekas jerawat. Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap. Caranya hanya dengan kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya dan dihaluskan. Lalu oleskan gel lidah buaya pada wajah diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin.

10. Mentimun

Ilustrasi menggunakan mentimun untuk mata.

Photo :
  • U-Report

Mentimun menjadi bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat karena mengandung vitamin A dan C serta magnesium yang dapat menghidrasi kulit. Caranya hanya dengan iris mentimun dengan tipis dan tempelka pada area yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. 

Itulah cara menghilangkan bekas jerawat yang telah dikumpulkan dan dapat kamu coba praktekan sendiri di rumah. Seperti yang sudah dijelaskan ada dua cara yakni menghilangkan bekas jerawat yang hitam dan dengan menggunakan bahan yang alami. Semoga tulisan ini dapat membantu dan noda bekas jerawat di wajahmu bisa hilang dan mulus kembali!

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ada beberapa masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para wanita hamil. Hal ini patut diwaspadai agar tahu bagaimana cara pencegahannya sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024