Ingin Cepat Hamil? Dokter Anjurkan Konsumsi Daun Singkong

Olahan daun singkong.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sayur mayur di Indonesia sangat melimpah dan beragam serta mudah dijangkau dengan harga yang murah. Rupanya, salah satu sayuran hijau ini mampu menyuburkan tubuh wanita yang ingin cepat hamil, lho.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Tanaman umbi-umbian sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan tersebar luas di pelosok negeri. Tak heran, umbi tersebut kerap digunakan sebagai pangan serbaguna.

Salah satunya umbi singkong yang mudah dijumpai dan dapat diolah untuk beragam sajian. Siapa sangka, tak hanya umbinya yang bermanfaat namun juga daun singkongnya mampu memberikan khasiat baik bagi tubuh.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Hal itu pula yang dijelaska Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Ida Gunawan SpGK, daun singkong kaya akan zat yang berfungsi meningkatkan kesuburan.

"Daun singkong kaya akan asam folat. Itu adalah salah satu materi untuk tubuh untuk ikut tingkatkan kesuburan," tuturnya dalam program Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Daun singkong.

Photo :
  • U-Report

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Badung, daun singkong memiliki kandungan asam amino esensial yang berguna untuk mergenerasi sel-sel di dalam tubuh manusia.

Kandungan asam amino tersebut merupakan salah satu protein yang dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga dapat berfungsi kembali.

Selain itu, daun singkong mampu meningkatkan sistem metabolisme. Sebab kandungan vitamin B yang terdapat di dalam daun singkong dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh agar tetap optimal.

Kandungan asam amino esensial dan serat yang ada di dalam daun singkong pun dapat membantu memberikan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas

"Asam folat banyak di daun-daun hijau. Contoh juga pada bayam, katuk, dan kangkung," terangnya.

Akan tetap daun singkong tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan, terutama untuk orang yang menderita hipertensi. Mengkonsumsi daun singkong secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi.

Tekanan darah yang terlalu tinggi akan membuat tubuh memiliki resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, konsumsilah daun singkong secara bijak.

Apabila ingin mengkonsumsinya untuk makanan sehat, sebaiknya rebus untuk jadikanlah sebagai lalapan dan janganlah dikonsumsi bersamaan dengan santan karena akan meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya