Ngeri, Gambaran Paru Pasien COVID-19 Sudah dan Belum Vaksinasi

Perbedaan Paru-paru, Setelah dan Sebelum Divaksin COVID-19
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Para ahli telah berulang kali mengatakan, vaksin dan mendapatkan dosis booster adalah kunci untuk keluar dari pandemi. Terlebih, kini terbukti, pasien yang terpapar COVID-19 usai divaksinasi, memiliki gambaran paru-paru yang lebih baik.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Saat ini kebanyakan orang yang saat ini terkena Omicron mengalami gejala seperti pilek, namun itu mungkin bukan virus ringan untuk orang yang rentan atau mereka yang tidak divaksinasi atau baru saja mendapat satu dosis. Gambar-gambar yang diterbitkan dalam jurnal Radiology menunjukkan seperti apa dua paru-paru pasien yang berbeda ketika mereka terinfeksi COVID-19.

Dikutip dari laman The Sun, pemindaian pertama, paru-paru A & B, berasal dari seorang wanita berusia 65 tahun yang terinfeksi setelah menerima dua dosis suntikan Pfizer/BionTech. Dia mengalami infeksi virus SARS-CoV-2 dua bulan setelah menerima vaksinasi dosis kedua.

Bagaimana Kaitan Vaksin AstraZeneca yang Sebabkan TTS Pada Penerimanya?

Pasien itu memiliki riwayat hipertensi dan scan menunjukkan tidak ada awan di paru-paru (opasifikasi). Ketika para ahli menganalisis paru-paru, mereka juga tidak menemukan jejak pneumonia, yang menunjukkan vaksin telah mencegah perempuan kelompok rentan itu terhadap gejala parah.

Mengenal TTS, Efek Samping Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Pemindaian kedua menunjukkan paru-paru seorang pria berusia 48 tahun, satu bulan setelah dosis pertama vaksin Oxford/AstraZeneca, jadi dia hanya divaksinasi sebagian. Pria itu tidak memiliki riwayat komorbiditas tetapi tingkat pneumonia CT-nya diberi skor 1 (1-25 persen keterlibatan).

Pemindaian ketiga datang dari seorang pria berusia 36 tahun tanpa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Tingkat pneumonia CT-nya diberi skor 1 (1-25 persen keterlibatan). Pemindaian G&H adalah yang paling mengejutkan dan berasal dari seorang pria berusia 58 tahun yang tidak diberi vaksin dan memiliki riwayat hipertensi dan diabetes.

"Dia membutuhkan oksigen tambahan saat masuk dan dirawat di unit perawatan intensif satu hari kemudian," jelas para pakar.

Skor pneumonianya diberi inti sebagai 2 (>25 persen keterlibatan), menunjukkan betapa pentingnya orang-orang dengan masalah kesehatan mendasar untuk divaksinasi. Para ahli mengatakan bahwa kasus COVID-19 saat ini sedang meningkat dengan varian Omicron yang sangat menular.

“Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana vaksinasi berdampak tidak hanya pada tingkat keparahan penyakit COVID-19 tetapi juga data klinis dan hasil pencitraan medis," kata mereka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat infeksi terobosan (orang yang telah divaksinasi dan kemudian terinfeksi 14 hari atau lebih setelah menerima suntikan), pada mereka yang divaksinasi lengkap dan sebagian divaksinasi.

Sebagai bagian dari penelitian, para ahli mengamati 761 pasien rawat inap dengan Covid-19, usia rata-rata adalah 47 tahun, dengan 51 persen adalah perempuan. Mereka menemukan bahwa hanya 6,2 persen dari mereka yang dirawat di rumah sakit dengan infeksi COVID-19 yang divaksinasi sepenuhnya. Hanya 17 persen yang divaksinasi sebagian (satu dosis) dan 77 persen tidak divaksinasi.

Para ahli menemukan, status yang divaksinasi lengkap dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk membutuhkan oksigen tambahan daripada status yang tidak divaksinasi, serta risiko yang lebih rendah untuk masuk ke unit perawatan intensif (ICU).

"Meskipun risiko infeksi jauh lebih rendah di antara individu yang divaksinasi, dan vaksinasi mengurangi keparahan penyakit. , data klinis dan pencitraan infeksi COVID-19 belum dilaporkan secara rinci," ujar Penulis senior studi tersebut, Yeon Joo Jeong, dari Departemen Radiologi dan Institut Penelitian Biomedis di Rumah Sakit Universitas Nasional Pusan ??di Busan, Korea Selatan.

Tim juga menemukan hubungan antara risiko penyakit parah dan karakteristik klinis seperti usia yang lebih tinggi dan riwayat diabetes. Usia juga merupakan penentu penting seberapa parah infeksi pada pasien, bahkan pada infeksi terobosan, kata para ahli.

Pasien lanjut usia dan pasien dengan setidaknya satu penyakit penyerta lebih sering terjadi pada kelompok yang divaksinasi daripada kelompok yang tidak divaksinasi dalam penelitian ini - ini karena kelompok yang lebih rentan inilah yang vaksin diluncurkan terlebih dahulu.

"Terlepas dari perbedaan ini, ventilasi mekanis dan kematian di rumah sakit hanya terjadi pada kelompok yang tidak divaksinasi. Selanjutnya, setelah disesuaikan dengan karakteristik klinis awal, analisis menunjukkan bahwa pasien yang divaksinasi lengkap secara signifikan berisiko lebih rendah membutuhkan oksigen tambahan dan masuk ICU daripada pasien yang tidak divaksinasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya