Jangan Abai, Ini 4 Dampak COVID-19 Varian Omicron pada Mr P

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA – Varian Omicron disebut hanya memicu gejala ringan pada sebagian masyarakat. Namun percaya atau tidak, virus corona varian teranyar itu bisa menimbulkan sejumlah masalah pada penis.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Omicron adalah jenis COVID-19 yang dominan saat ini di dunia dan, meskipun lebih ringan, masih dapat memicu gejala yang parah dan mengejutkan. Dari penyusutan penis hingga kegagalan untuk “mengangkatnya”, gejala COVID di organ bawah mungkin dapat menyebabkan masalah di ranjang.

Dikutip dari laman The Sun, Tetapi yang terburuk dapat menyebabkan rasa sakit yang menyiksa, mengancam kehidupan dan membutuhkan perhatian medis yang mendesak hingga kerusakan pembuluh darah dan pembekuan darah. Kisah beberapa pria malang yang mengalami nasib seperti itu telah berhasil masuk ke jurnal medis, sebagai peringatan untuk orang lain.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Bukti menunjukkan bahwa virus dapat masuk dan karena itu kemungkinan besar menyebabkan kerusakan pembuluh darah penis juga. Lalu COVID-19 memasuki sel-sel endotel pembuluh darah yang ditemukan di banyak organ, yang dapat menghentikannya bekerja dengan baik.

"COVID-19 dapat menyebabkan disfungsi endotel yang meluas pada sistem organ di luar paru-paru dan ginjal… termasuk penis," tulis para peneliti di Miami.

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Nyeri saat ereksi

Program Urologi Reproduksi Sekolah Miller menemukan virus itu ada di jaringan penis dua pria yang selamat dari COVID, dan sejak itu memiliki masalah ereksi, tetapi tidak dalam sampel dua pria sehat. Sementara itu, infeksi diketahui meningkatkan kecenderungan darah untuk menggumpal.

Teori termasuk bahwa sistem kekebalan yang terlalu aktif menyebabkan sel-sel pembekuan darah menjadi overdrive. Pembekuan darah telah menyebabkan stroke fatal, gagal paru-paru, serangan jantung dan pembatasan umum aliran darah ke organ vital. Di penis, itu bisa menyebabkan rasa sakit yang menyiksa, seperti yang dijelaskan oleh dokter Iran pada pria berusia 41 tahun. Tapi itu juga bisa mengganggu fungsi normal penis.

Ereksi tahan lama

Meskipun "ereksi tahan lama" mungkin terdengar ideal untuk pria yang ingin bertahan lebih lama di kamar tidur, efek samping ini jauh dari menguntungkan. Petugas medis telah melaporkan kasus pria yang ereksinya berlangsung berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Ereksi yang terus-menerus, secara medis disebut priapisme, dapat menyebabkan kematian jaringan, kerusakan permanen, atau disfungsi ereksi.

Biasanya diobati dengan suntikan ke penis, menggunakan jarum atau sayatan kecil untuk mengalirkan darah dari ruang ereksi, atau dengan mengoleskan es. Petugas medis pertama kali melaporkan priapisme terkait COVID-19 pada seorang pria berusia 69 tahun di Ohio, AS, yang kemudian meninggal karena virus tersebut. Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang malang mengalami ereksi 24 jam sebelum diperiksa oleh dokter di Wina, Austria. Meskipun mereka mencoba berbagai metode untuk mengurangi ereksinya, kondisinya terus berlanjut, menyebabkan dua episode lagi.

Para dokter menulis bahwa Beberapa kasus priapismus iskemik telah dipublikasikan, kebanyakan dari mereka mempengaruhi pasien dengan gejala parah yang memerlukan rawat inap dan masuk ICU. Dalam kedua kasus, ada bukti pembekuan darah di corpora cavernosa - jaringan spons di batang penis yang terisi darah untuk menyebabkan ereksi.

Disfungsi ereksi

Disfungsi Ereksi

Photo :
  • www.google.com

Sejak awal pandemi, dokter mulai memperingatkan bahwa COVID bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Kondisi tersebut dapat diimbangi dengan sejumlah besar masalah, sehingga bisa jadi ada hal lain di balik impotensi pria. Tetapi mengingat penyakit pembuluh darah lainnya, seperti penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, dan diabetes, dapat menyebabkan disfungsi ereksi, tidak mengherankan bahwa COVIF mungkin terjadi.

"Pembuluh darah itu sendiri yang dapat meradang... dapat menyebabkan fenomena obstruktif dan berdampak negatif pada kemampuan ereksi," ujar ahli urologi di Klinik Cleveland di Ohio, Dr Ryan Berglund.

Senada, profesor endokrinologi dan seksologi medis di Universitas Roma Tor Vergata di Italia, Emmanuele Jannini, mengatakan virus itu memicu peradangan pada pembuluh darah.

“Ketika pembuluh darah itu dan sistem kardiovaskular lainnya rusak, itu dapat memicu disfungsi ereksi”, tulisnya dalam sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan pada Juli 2020.

Ada beberapa teori lain, termasuk bahwa kekurangan oksigen yang terkait dengan paru-paru yang berjuang dapat "mengganggu fungsi ereksi". Ahli urologi Miami yang menemukan virus corona dapat masuk ke penis telah melihat dua pria yang menderita disfungsi ereksi. Tujuh sampai sembilan bulan setelah infeksi mereka, mereka mencari operasi implan penis.

Penis menyusut

Virus corona atau covid-19

Photo :
  • Times of India

Sebuah penelitian terhadap 3.400 orang yang dipimpin oleh University College London menemukan bahwa dari 200 orang yang melaporkan gejala Covid-19 yang panjang, penis yang lebih kecil adalah salah satu yang lebih langka. Hampir lima persen pria mengalami "penurunan ukuran testis/penis", menurut temuan yang dipublikasikan di Lancet's EClinicalMedicine.

Seorang pria yang tidak beruntung mengakui bahwa ini telah terjadi padanya - dan para ahli mengatakan kemungkinan itu adalah efek domino dari kerusakan yang ditimbulkan virus pada adalah pembuluh darah. Sebelumnya, pria Amerika berusia 30-an itu mengatakan penisnya berukuran di atas rata-rata.

Menelepon ke podcast “How to Do It”, pria itu berkata terpapar COVID pada Juli tahun lalu. Ia merasakan nyeri hebat di tubuhnya.

“Ketika saya keluar dari rumah sakit, saya mengalami beberapa masalah disfungsi ereksi. Mereka secara bertahap menjadi lebih baik dengan beberapa perhatian medis, tetapi tampaknya saya dibiarkan dengan masalah yang bertahan lama," paparnya.

"Penis saya mengecil. Sebelum saya sakit, saya di atas rata-rata, tidak besar, tapi jelas lebih besar dari biasanya. Sekarang saya telah kehilangan sekitar satu setengah inci dan menjadi jelas kurang dari rata-rata," sambung dia.

Ashley Winter MD, seorang ahli urologi di Portland, AS, dan terkait dengan Kaiser Permanente, mengatakan bahwa memang benar memiliki disfungsi ereksi menyebabkan pemendekan ukuran. Sebab, ketika penis sulit meregang dalam waktu lama maka itu dapat menyebabkan jaringan parut pada penis dan pemendekan penis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya