Varian Virus HIV Baru Ditemukan, Lebih Cepat Menginfeksi dan Menyebar

Ilustrasi HIV.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Baru-baru ini varian terbaru dari virus HIV yang menyebabkan AIDS ditemukan di Belanda. Virus HIV ini disebut-sebut lebih cepat menginfeksi dan menyebar dibandingkan versi virus lainnya. Human immunodeficiency virus (HIV) menginfeksi dan menghancurkan sel-sel kekebalan yang disebut sel CD4 di dalam tubuh, menyebabkan jumlah sel-sel ini turun drastis. Jika tidak diobati, infeksi kemudian berkembang menjadi AIDS.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Pada orang yang terinfeksi dengan varian HIV yang baru ditemukan, yang disebut varian VB, jumlah CD4 turun sekitar dua kali lipat dibandingkan orang yang terinfeksi dengan jenis HIV yang terkait erat, yang berarti mereka dari subtipe genetik yang sama (B).

Dalam laporan para peneliti dalam jurnal Science pada Kamis 3 Februari lalu, seseorang yang terpapar HIV varian VB yang tidak mendapatkan pengobatan dalam kurun waktu dua hingga tahun setelah didiagnosis HIV varian itu akan berkembang menjadi AIDS. Hal ini berbeda dengan virus versi lainnya yang mana rata-rata terjadi sekitar enam hingga tujuh tahun setelah diagnosis HIV.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

“Kami menemukan bahwa rata-rata, individu dengan varian ini diperkirakan akan berkembang dari diagnosis menjadi 'HIV lanjut' dalam sembilan bulan, jika mereka tidak memulai pengobatan dan jika didiagnosis pada usia tiga puluhan," kata penulis pertama sekaligus seorang peneliti senior di genetika statistik dan dinamika patogen di University of Oxford, Chris Wymant mengatakan kepada Live Science.

Untungnya, dalam penelitian mereka, tim menemukan bahwa obat antiretroviral, pengobatan standar untuk HIV, bekerja dengan baik terhadap varian VB seperti yang mereka lakukan terhadap versi virus lainnya.

Terawangan Paranormal Dayak Soal Kematian Stevie Agnecya: Memang Benar Ada Kiriman Santet

"Untuk seseorang yang berhasil dalam pengobatan, penurunan sistem kekebalan terhadap AIDS dihentikan, dan penularan virus mereka ke orang lain dihentikan," kata Wymant.

Di sisi lain, seorang profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicine, Katie Atkins mengatakan  para penulis menggunakan studi kasus untuk mendukung pentingnya akses universal terhadap pengobatan.

"Baik karena kami ingin secara langsung mengurangi jumlah orang yang meninggal karena AIDS, tetapi juga sebagai sarana untuk mengurangi jumlah virus yang beredar dan karena itu mengurangi kemungkinan munculnya varian baru yang lebih mematikan," katanya kepada Live Science melalui email.

Bagaimana varian itu terlihat

Wymant dan ahli epidemiologi penyakit menular Christophe Fraser, penulis senior studi tersebut, sempat terlibat dalam proyek BEEHIVE, sebuah proyek untuk untuk lebih memahami biologi, evolusi, dan epidemiologi HIV. Dalam proyek BEEHIVE, yang dimulai pada 2014, dibuat untuk memahami bagaimana perubahan virus, yang dikodekan dalam genetikanya, menyebabkan perbedaan penyakit. Proyek ini mengumpulkan data dari tujuh kohort HIV nasional di Eropa ditambah satu di Uganda.

Saat menganalisis data dari penelitian yang sedang berlangsung, tim mengidentifikasi 17 orang yang terinfeksi dengan varian HIV berbeda, semuanya membawa konsentrasi virus yang sangat tinggi dalam darah mereka di awal infeksi antara enam bulan dan dua tahun setelah diagnosis. 15 orang yang terinfeksi berasal dari Belanda, satu dari Swiss dan satu dari Belgia.

Tim menemukan, varian yang baru ditemukan milik subtipe genetik B, sekelompok virus HIV terkait yang paling sering ditemukan di Eropa dan AS. Untuk melihat apakah mereka dapat menemukan lebih banyak contoh varian di Belanda, para peneliti menyaring data dari kohort observasional HIV nasional ATHENA, sekelompok besar orang HIV-positif di Belanda yang didiagnosis antara tahun 1981 dan 2015.

Data urutan genetik virus tersedia untuk lebih dari 8.000 individu ini, dan di antaranya, sekitar 6.700 terinfeksi virus subtipe B. Dalam kelompok ini, para peneliti mengidentifikasi 92 individu dengan varian VB yang khas, sehingga totalnya menjadi 109.

Berdasarkan data klinis yang tersedia, 109 orang ini membawa viral load 3,5 kali lipat hingga 5,5 kali lipat lebih tinggi daripada orang yang terinfeksi dengan jenis subtipe B lainnya. Dan pada saat didiagnosis, orang yang terinfeksi varian VB sudah memiliki jumlah CD4 yang lebih rendah daripada mereka yang terinfeksi jenis lain. Jadi dibandingkan dengan orang lain yang baru didiagnosis dengan HIV, jumlah CD4 mereka mulai lebih rendah dan turun lebih cepat.

Ilustrasi HIV.

Photo :
  • U-Report

Untuk menjelaskan bagaimana peningkatan tajam dalam virulensi ini muncul, para peneliti kembali ke genom varian VB, untuk mencari petunjuk. Mereka menemukan bahwa varian tersebut membawa banyak mutasi, tersebar di seluruh genomnya, jadi untuk saat ini, mereka tidak dapat menentukan satu penyebab genetik yang terisolasi untuk peningkatan virulensi virus, lapor mereka.

"Tidak mungkin satu mutasi, atau bahkan satu gen, bertanggung jawab atas perubahan ini. Mengerjakan mekanisme ini sangat menarik," kata kata seorang profesor kedokteran di University of California, San Diego, Joel Wertheim, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Tim mampu membangun diagram yang disebut pohon filogenetik berdasarkan data genetik yang tersedia, sangat mirip dengan pohon keluarga normal untuk manusia yang menunjukkan seberapa dekat individu yang berbeda terkait satu sama lain, kata Wymant. Berdasarkan pohon ini, mereka memperkirakan bahwa varian VB kemungkinan pertama kali muncul pada akhir 1980-an atau 1990-an di Belanda.

Sekitar waktu itu, pengobatan antiretroviral pertama untuk HIV baru saja disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, dan pengobatan yang menggunakan kombinasi antiretroviral belum tersedia, menurut tinjauan 2019 di jurnal Health Affairs.

"Selama dekade ini, akan ada prevalensi tinggi orang terinfeksi HIV yang tidak diobati yang tidak ditekan virusnya di Eropa Barat. Jumlah orang yang tidak ditekan virusnya tinggi ini akan memberikan populasi virus yang besar di mana varian baru bisa muncul," kata Atkins.

Pohon itu menunjukkan bahwa individu yang menangkap varian VB membawa virus yang sangat erat hubungannya satu sama lain, kata Wymant. Temuan ini menunjukkan bahwa evolusi virus kecil terjadi antara saat seseorang memperoleh virus dan titik ketika mereka menularkannya kepada orang lain.

Dengan kata lain, selain sangat virulen, varian VB mungkin juga lebih menular daripada versi HIV lainnya. Namun, temuan ini kurang meyakinkan dibandingkan bukti peningkatan virulensi, karena pohon tersebut hanya memberikan bukti tidak langsung tentang penularan virus, kata Wymant.

Setelah varian VB muncul pada 1980-an atau 1990-an, jumlah orang yang terinfeksi varian ini terus meningkat hingga sekitar 2010. Pada saat yang sama, proporsi kasus VB baru di antara semua kasus subtipe B baru mulai meningkat. Peningkatan ini mencapai puncaknya sekitar tahun 2008 dan kemudian terus menurun, tim menemukan.

“Ini kemungkinan besar merupakan hasil sampingan dari upaya kuat di Belanda untuk mengurangi penularan HIV apa pun, terlepas dari variannya,” kata Wymant.

Jumlah absolut dari diagnosis VB dan non-VB menurun saat ini, dan ada beberapa ketidakpastian dalam data mengenai rasio pasti infeksi VB dan non-VB, para penulis mencatat.

Penemuan varian HIV yang sangat mematikan tidak selalu mengejutkan, kata Wertheim. Dia menjelaskan, temuan ini sejalan dengan teori evolusi dan tren peningkatan virulensi yang telah kita lihat di Amerika Serikat selama beberapa dekade.

"Saya paling terkejut dengan betapa mencolok dan berbedanya cluster yang baru dijelaskan ini," kata dia.

Ke depan, Wertheim mengatakan dia mengharapkan banyak kelompok di seluruh dunia untuk mulai menyaring data mereka untuk melihat apakah varian VB telah menyebar ke luar Belanda.

"Juga, saya ingin tahu apakah varian serupa telah muncul di tempat lain di dunia," kata Wertheim.

Selain kasus yang terdeteksi pada orang dari Swiss dan Belgia, tim tidak menemukan bukti awal varian di luar Belanda. Mereka mencari urutan genetik virus yang tersedia untuk umum dan tidak menemukan jejak di tempat lain, tetapi mungkin ada setidaknya beberapa orang lain yang terinfeksi dengan varian yang belum diidentifikasi, kata Wymant.

"Dengan membuat urutan genetik varian VB tersedia secara terbuka, kami mengizinkan penyelidik lain di berbagai negara untuk memeriksa data pribadi mereka sendiri," katanya.

Studi masa depan varian VB dapat mengungkapkan bagaimana virus ini menumpuk dalam darah dan menghancurkan sel CD4 begitu cepat, dan juga memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana varian pertama berevolusi. Tim menemukan bukti bahwa varian tersebut terus-menerus mengambil mutasinya, satu per satu, dari waktu ke waktu, tetapi mereka tidak dapat mengetahui apakah evolusi ini terjadi pada banyak individu atau hanya satu, kata Wymant.

Sementara itu, apakah masyarakat umum harus khawatir dengan varian VB yang baru ditemukan?

"Masyarakat tidak perlu khawatir," kata Wymant.

Dia menjelaskan, menemukan varian ini menekankan pentingnya panduan yang sudah ada bahwa individu yang berisiko tertular HIV memiliki akses ke tes rutin untuk memungkinkan diagnosis dini, diikuti dengan pengobatan segera ... Prinsip-prinsip ini berlaku sama untuk varian VB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya