5 Makanan Super untuk Mengelola Diabetes pada Wanita

Sayuran berdaun hijau
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Karena perbedaan biologis dan perbedaan gaya hidup, banyak penyakit memengaruhi pria dan wanita secara berbeda. Meskipun kedua jenis kelamin sama-sama berisiko mengalami kondisi kesehatan kronis, prevalensi, komplikasi, dan faktor risiko diatur oleh faktor internal. 

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Ketika datang ke diabetes tipe 2, meskipun pria dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi tersebut daripada wanita, yang terakhir memiliki risiko komplikasi yang lebih besar. 

Sangat penting bagi wanita untuk berhati-hati terhadap diri mereka sendiri untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, terutama ketika mereka sedang merencanakan bayi atau jika mereka sudah hamil. 

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Cara paling sederhana adalah dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyeimbangkan kadar gula darah. 

Berikut adalah lima makanan super yang harus dimasukkan setiap wanita dalam dietnya untuk menurunkan kemungkinan terkena diabetes di kemudian hari dilansir dari Times of India.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

?Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, tuna, dan ikan teri merupakan sumber asam lemak omega-3 asam Docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic (EPA) yang baik. 

Mendapatkan asam lemak ini dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan sensitivitas insulin, kadar lipid dan mengembalikan fungsi hormonal.

 Asupan ikan secara teratur juga dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, ikan berlemak juga membantu dalam mengelola berat badan yang sehat dan juga meningkatkan otot tanpa lemak di tubuh.

Jahe

Jahe

Photo :
  • Times of India

Jahe dianggap sebagai bumbu paling sehat di dunia, jadi jahe harus ada dalam daftar makanan super Anda. Tinggi anti-oksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, jahe dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Menambahkan jahe ke dalam diet Anda juga baik untuk jantung, tiroid, dan sistem pencernaan Anda. Bumbu yang kuat dapat ditambahkan ke dalam makanan dengan banyak cara. 

Anda bisa menggunakan jahe mentah atau bubuk jahe untuk meningkatkan rasa makanan dan selanjutnya mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari rempah-rempah ini.

Kunyit

Kunyit.

Photo :
  • U-Report

Kunyit adalah bumbu yang biasa ditemukan di setiap rumah tangga India. Digunakan untuk memberi warna emas pada kari, kunyit menawarkan segudang manfaat kesehatan. Sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan telah terbukti bermanfaat dalam mengobati dan mengurangi risiko mengembangkan penyakit tertentu termasuk yang meningkatkan kadar gula darah. 

Kurkumin, yang merupakan senyawa utama dalam kunyit, dikatakan mengatur fungsi pankreas dan juga menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh. Anda dapat menggunakan bubuk kunyit atau akar segar dari tanaman ini dalam makanan Anda untuk mendapatkan manfaat dari makanan super ini.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun seperti bayam sarat dengan nutrisi, vitamin, dan antioksidan yang membantu mencegah beberapa penyakit kronis. Rendah kalori, sayuran berdaun hijau mengandung serat yang mudah dicerna, yang dapat diserap oleh tubuh dengan cepat tanpa meningkatkan kadar gula darah. 

Sayuran hijau juga kaya akan vitamin C, nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan menyembuhkan kerusakan sel.

Kenari

Walnut atau kenari adalah kacang pohon yang paling bergizi dan sehat. Ini adalah salah satu kacang terbaik untuk camilan di antara waktu makan untuk mencegah rasa lapar dan dengan demikian menyeimbangkan kadar gula darah. 

Kacang kenari.

Photo :
  • U-Report

Asam lemak dalam kenari juga dapat melindungi jantung Anda dengan meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol berbahaya. Penelitian menunjukkan bahwa asupan harian kenari juga dapat membantu mengelola kadar gula darah dan mengurangi risiko obesitas. Dua kenari utuh dalam sehari sudah cukup untuk meningkatkan kekebalan dan tetap sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya