Tanda di Mata ini Bisa Memberitahu Ada Tumor Ganas di Tubuh

Mata
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tantangan global, penyakit yang merugikan secara biologis dan menyiksa mental, Kanker, memiliki beberapa gejala. Banyak gejala umum yang terkait dengan penyakit lain berkembang menjadi kanker tanpa sepengetahuan kita. Pada saat kanker muncul dengan sendirinya, sudah terlambat.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Sangat penting untuk mengawasi semua gejala yang terlihat. Jika gejalanya menetap untuk durasi yang lebih lama, penting untuk segera mengambil bantuan medis.

Hanya pengawasan sesaat yang akan menyelamatkan tahun. Berikut adalah beberapa tanda umum kanker yang terlihat di mata dikutip dari Times of India.

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Sementara penglihatan kabur terkait dengan sejumlah komplikasi medis dan orang-orang yang memiliki masalah penglihatan benar-benar hidup dengannya, banyak orang cenderung mengabaikannya. Gejala tumor ganas di paru-paru adalah penglihatan kabur, kehilangan penglihatan, sakit mata dan floaters.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa penglihatan kabur, kehilangan penglihatan, nyeri, floaters, cacat bidang visual, benjolan, mata merah, sensasi berkedip, dan diplopia adalah beberapa gejala gangguan penglihatan yang disebabkan oleh metastasis tumor yang secara serius memengaruhi kualitas penglihatan. 

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Hidup dan memperpendek kelangsungan hidup pasien kanker. Studi penelitian lain tentang kanker usus besar menemukan bahwa pasien dengan metastasis orbital umumnya datang dengan nyeri mata, proptosis, kehilangan penglihatan, dan diplopia dengan gejala yang biasanya muncul selama kurang lebih dua bulan sebelum diagnosis. 

Ilustrasi tumor.

Photo :
  • U-Report

Banyak penelitian lain juga menemukan fotosensitifitas dan penglihatan ganda sebagai gejala awal kanker usus besar. Masalah penglihatan telah dikaitkan dengan kanker umum lainnya juga.

Para ahli telah mengatakan bahwa dalam kasus kanker payudara, masalah mata yang mungkin dialami seseorang adalah mata merah, gatal atau terbakar, mata berair atau berair terus-menerus, mata merah muda atau peradangan pada bagian putih, penglihatan kabur, penglihatan ganda, floaters atau bintik hitam dalam penglihatan.

Mengapa mata terpengaruh?

Ini karena metastasis orbital. Beberapa jenis kanker dapat menyebar atau bermetastasis hingga mencapai jaringan di sekitar mata (orbit). Kanker primer yang paling umum dengan metastasis orbital adalah payudara, paru-paru, dan prostat. Sebanyak 2% -5% pasien dengan kanker sistemik dilaporkan memiliki metastasis orbital, kata sebuah penelitian. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya