Ketahui Dampak Anak Kekurangan Zat Besi

Sumber zat besi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Zat besi sangat penting untuk perkembangan anak-anak, dan kekurangan zat besi dapat memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak – dan bahkan dapat menyebabkan anemia.

Anwar Fuady Mau Nikah di Usia 77, Begini Respons Anak-anaknya

Anemia defisiensi relatif umum terjadi pada anak-anak dan terjadi ketika hemoglobin dalam darah kurang dari tingkat optimal. Kekurangan zat besi biasanya terjadi karena tiga alasan utama:

Diet yang buruk

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Anak-anak berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kekurangan zat besi karena kebutuhan mereka yang lebih tinggi akan zat besi. Sederhananya, diet yang miskin sumber zat besi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. 

Dan jangan terlalu banyak minum susu! Diet yang menampilkan jumlah susu yang berlebihan, yang merupakan sumber zat besi yang buruk, dapat menempatkan anak pada risiko kekurangan zat besi.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

makanan kaya zat besi

Photo :
  • U-Report

Kekurangan darah

Penyebab kekurangan darah dapat berkisar dari tukak lambung (yang tidak umum pada anak-anak) hingga radang usus kronis hingga infestasi parasit seperti cacing tambang.

Ketidakmampuan untuk menyerap zat besi yang cukup dari makanan

Ini dapat terjadi dengan kondisi seperti penyakit celiac atau penyakit Crohn atau radang usus. 

Beberapa tanda ini dapat menunjukan jika anak Anda mungkin mengalami kekurangan zat besi dilansir dari health.clevelandclinic.

- Secara keseluruhan kekurangan energi dan kelelahan.
- Penampilan pucat saat kadar hemoglobin turun.
- Kuku yang tampak rapuh, lidah yang terlihat lebih merah dari biasanya dan/atau retakan di sisi mulut.
- Nafsu makan yang buruk atau keinginan untuk makan makanan non-makanan seperti es, kotoran, cat atau pati.
- Anak-anak dengan kekurangan zat besi juga dapat berisiko lebih tinggi untuk keracunan timbal dan infeksi.

Diagnosis dan pengobatan

Mendiagnosis kekurangan zat besi memerlukan pemeriksan oleh dokter anak. Penilaian melibatkan pemeriksaan riwayat rinci, asupan gizi, pemeriksaan fisik dan akhirnya, tes laboratorium yang melibatkan hitung darah lengkap, termasuk kadar hemoglobin, penilaian status zat besi dan penyimpanan tubuh yang melibatkan tes khusus.

Sementara penyebab paling umum dari kekurangan zat besi adalah asupan makanan yang tidak memadai, tes ini diperlukan untuk secara tepat mengidentifikasi penyebab kekurangan itu.

Pengobatan kekurangan zat besi biasanya melibatkan suplemen zat besi - yang mungkin termasuk obat resep. Ini akan memakan waktu hingga tiga bulan pengobatan.

Pada saat yang sama, dokter kemungkinan akan mengevaluasi dan mengobati setiap kondisi mendasar yang dapat menyebabkan malabsorpsi zat besi atau kehilangan darah.

Meskipun lebih jarang, dalam kasus di mana kadar hemoglobin anak menjadi terlalu rendah, ia mungkin memerlukan transfusi darah atau terapi dengan injeksi zat besi atau terapi zat besi intravena. Ini adalah perawatan yang dilakukan di rumah sakit.

Secara keseluruhan, keluarga yang mengalami kekurangan zat besi dapat mengambil manfaat dari bantuan ahli gizi anak untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung zat besi. 

Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi – sehingga suplemen ini dapat bermanfaat dalam hubungannya dengan makanan kaya zat besi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya