10 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan yang Juga Baik untuk Kulit

Manfaat buah manggis
Sumber :
  • instagram.com/wootekh.id

VIVA –  Manfaat buah manggis ternyata juga baik bagi kesehatan tubuh kita dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah manggis (Garcinia mangostana) sendiri merupakan buah tropis yang eksotis dengan rasa yang sedikit manis dan asam. Manggis berasal dari Asia Tenggara tetapi dapat ditemukan juga di berbagai daerah tropis di seluruh dunia.

Chenle NCT Langsung Makan Manggis Setibanya di Indonesia

Buah manggis ini berwarna ungu tua saat sudah matang. Sementara daging bagian dalamnya berair dan berwarna putih cerah. Meskipun manggis mungkin tidak begitu populer dari buah lainnya, namun kamu harus tahu bahwa buah manggis mungkin menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan yang unik. Lantas, apa saja manfaatnya? Mengutip dari Healthline, berikut ini sejumlah manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh. 

1. Kaya akan antioksidan

7 Manfaat Buah Semangka dengan Segudang Nutrisi Baik untuk Tubuh

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah manggis yang pertama adalah kaya akan antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas. Salah satu nutrisi yang paling penting dari manggis adalah antioksidannya yang unik. Antioksidan sendiri berfungsi menetralkan efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya atau radikal bebas. 

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Penyakit Jantung hingga Berat Badan Sehat

Manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan seperti vitamin C dan folat. Ada juga senyawa xanthones yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthones telah menghasilkan efek anti-inflamasi, antikanker, anti-penuaan, dan antidiabetes. Hal itu berarti menunjukkan bahwa xanthone memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

2.Memiliki sifat anti-peradangan

Ilustrasi tanda peradangan di tubuh.

Photo :
  • U-Report

Xanthone yang terkandung di dalam buah manggis diketahui dapat mengurangi peradangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa xanthone memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Manggis juga kaya akan serat yang dapat membantu mengurangi respons peradangan tubuh pada beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami bagaimana manggis mempengaruhi peradangan dan perkembangan penyakit pada manusia.

3. Memiliki efek antikanker

Penyakit kanker.

Photo :
  • Freepik

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa buah manggis dikaitkan dengan penurunan insiden kanker. Senyawa xanthone yang ada di dalamnya memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di jaringan payudara, perut dan paru-paru. 

Senyawa tersebut juga dapat memperlambat perkembangan kanker usus besar dan payudara pada penelitian yang dilakukan pada hewan tikus. Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian yang tidak memadai telah dilakukan pada manusia. Jadi itulah manfaat buah manggis yang ketiga. 

4. Dapat menurunkan berat badan

Ilustrasi berat badan.

Photo :
  • U-Report

Dalam industri kesehatan dan kebugaran, salah satu klaim manfaat manggis adalah untuk membantu penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang melengkapi diet mereka dengan 3,6 atau 9 ons (90, 180, atau 270 ml) jus manggis dalam dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah. Penelitian tentang manggis dan obesitas masih terbatas, tetapi para ahli berteori bahwa efek anti-inflamasi buah berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

5. Mendukung kontrol gula darah

ilustrasi cek gula darah naik

Photo :
  • U-Report

Senyawa xanthone yang terdapat di dalam manggis dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat, baik itu berdasarkan penelitian tabung maupun penelitian pada hewan. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita gemuk ditemukan bahwa mereka yang menerima 400 mg ekstrak manggis tambahan setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan yang dimana menjadi salah satu faktor risiko diabetes. 

Buah ini juga mengandung serat yang baik dan nutrisi sehingga manfaat buah manggis dapat membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes. Kombinasi kandungan xanthone dan serat pada manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Namun tetap harus dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut. 

6. Sistem Kekebalan tubuh yang sehat

Ilustrasi pria sehat.

Photo :
  • U-Report

Kandungan serat dan vitamin C yang terdapat di dalam manggis baik untuk sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Serat menjadi komponen penting untuk kekebalan tubuh. Sementara vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel kekebalan dan memiliki sifat antioksidan. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam manggis mungkin memiliki sifat antibakteri yang dapat bermanfaat bagi kekebalan tubuh dengan memerangi bakteri yang berpotensi berbahaya. 

Sistem kekebalan membutuhkan banyak nutrisi berbeda untuk berfungsi secara optimal. Buah manggis bisa menjadi pilihan yang sehat untuk dimasukkan bersama makanan padat nutrisi lainnya sebagai bagian untuk menjaga kesehatan tubuh. 

7. Membantu menjaga kesehatan kulit

Ilustrasi kulit cantik.

Photo :
  • U-Report

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menjadi hal yang umum terjadi di seluruh dunia dan penyumbang utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa orang yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami lebih banyak elastisitas pada kulit mereka dan lebih sedikit akumulasi senyawa tertentu yang diketahui berkontribusi terhadap penuaan kulit. Para peneliti menegaskan bahwa kapasitas antioksidan dan anti-inflamasi manggis adalah alasan utama untuk efek perlindungan kulit ini, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut di bidang ini.

8. Baik untuk kesehatan jantung

Ilustrasi penyakit jantung.

Photo :
  • transindonesia.co

Manfaat buah manggis yang lainnya yakni diketahui baik untuk kesehatan jantung.m Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis secara efektif dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida sambil meningkatkan kolesterol HDL (baik). Jadi buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung ataupun bagi penderita penyakit jantung. 

9. Baik untuk kesehatan otak

Ilustrasi otak/pikiran.

Photo :
  • uniteunderfreedom.com

Manfaat buah manggis selanjutnya diyakini baik untuk kesehatan otak. Seperti yang telah dilakukan dalam sebuah studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis dapat membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak dan memperbaiki gejala depresi pada tikus, meskipun penelitian pada manusia di bidang ini terbilang masih kurang.

10. Baik untuk kesehatan pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Terakhir, manfaat buah manggis adalah baik untuk kesehatan pencernaan dalam tubuh. Seperti yang diketahui dan sudah dibahas sebelumnya bahwa buah manggis mengandung banyak serat. Serat sendiri sangat penting untuk kesehatan pencernaan, dengan mengonsumsi buah manggis yang kaya akan serat dapat membantu meningkatkan keteraturan usus. 

Itulah sepuluh manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Sehingga jika sebelumnya kamu mengabaikan buah manggis ini, mulai sekarang kamu bisa memasukkannya ke dalam list buah-buahnya yang harus dikonsumsi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Tetaplah jaga kesehatan yang salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah manggis. 

Buah delima.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Salah satunya kurma, buah ini disebutkan beberapa kali dalam Alquran hingg dianggap jadi makanan yang diberkahi. Kurma mengandung banyak nutrisi seperti serat dan lainnya

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024